Peringati Sumpah Pemuda, SMP Muhammadiyah PK Solo Ajak Siswa Peduli Lingkungan

Memperingati Hari Sumpah Pemuda, siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo menggelar aksi bersih-bersih lingkungan sekolah, Jumat (28/10/2022)

Sukoharjonews.com (Solo) – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo mengajak siswa untuk memaknainya dengan beragam kegiatan yang digelar di sekolah, Jumat (28/10/2022). Salah kegiatan yang dilakukan adalah aksi bersih-bersih lingkungan yang bernama aksi gerakan pungut sampah (GPS).



Dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Humas SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Aryanto, menyampaikan bahwa semangat mengisi Hari Sumpah Pemuda tidak selalu diwujudkan dengan upacara bendera. Para siswa diajak untuk berdiskusi, melakukan refleksi, dan aksi nyata dalam kehidupan masyarakat.

“Siswa kelas 7 berdiskusi tentang makna sumpah pemuda, siswa kelas 8 melakukan refleksi nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari, dan siswa kelas 9 melakukan aksi nyata peduli terhadap lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya, aksi nyata di lapangan untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar sekolah merupakan wujud semangat pemuda untuk bersatu cinta tanah air. “Salah satu gerakan nyata semangat sumpah pemuda adalah budaya hidup bersih. Maka hari ini kita melakukan agar siswa semakin cinta kebersihan lingkungan,” ungkapnya.

Sebelum kegiatan turun ke jalan untuk membersihkan lingkungan, para siswa seperti biasa melaksanakan sholat dhuha dan berdoa di mushola sekolah. Setelah itu, para siswa mendapatkan pengarahan tentang makna sumpah pemuda. Acara dilanjutkan dengan membacakan deklarasi sumpah pemuda secara bersama-sama.

Salah satu siswa kelas9, Buntario Akmal Prasetyo, mengungkapkan perasaan senang karena baru pengalaman pertama mengambil sampah di pinggir jalan bersama teman-teman. “Saya senang karena pertama kali ini. Semoga masyarakat semakin sadar akan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat terutama di saluran sungai atau irigasi,” ungkapnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *