Perempuan Wajib Tahu, Inilah Bahaya Sering Memakai Kutek!

Bahaya memakai kutek.(Foto: yoursay)

Sukoharjonews.com – Setiap wanita pasti ingin tampil sempurna mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Terlebih ketika akan menghadiri sebuah acara, mereka akan berusaha tampil cantik agar lebih percaya diri. Salah satu bagian yang tak lepas dari perhatian adalah kuku. Mewarnai kuku dengan warna-warna yang cantik akan membuat jari tampak lebih indah dan menawan.


Meskipun membuat kuku lebih cantik dan indah, menggunakan kutek kuku juga bisa menimbulkan efek samping yang tidak sedikit. Dikutip dari Yesdok, pada Kamis (13/6/2024), berikut bahaya sering memakai kutek yang perlu perempuan ketahui:

1. Kerusakan Kuku
Jika kutek terus digunakan, terutama gel, itu dapat menyebabkan kuku rapuh, kering, dan mudah pecah. Selain itu, menghapus kutek gel dapat menyebabkan lapisan kuku mengelupas dan rusak.

2. Reaksi Alergi
Bahan kimia untuk kutek seperti akrilik dan methacrylate dapat menyebabkan alergi, seperti dermatitis kontak. Ini mungkin menyebabkan ruam atau bahkan urtikaria pada beberapa orang.


3. Infeksi
Karena dapat mengganggu pelindung kulit alami, manipulasi kutikula selama proses manicure dapat meningkatkan risiko infeksi.

4. Risiko Kanker Kulit
Selama proses pengeringan kutek gel menggunakan lampu ultraviolet atau LED, paparan sinar ultraviolet (UV) dapat meningkat. Paparan ini dapat merusak DNA kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit, terutama jika digunakan secara teratur tanpa perlindungan tambahan seperti tabir surya.


Menggunakan kutek biasa atau jenis lain dari cat kuku yang lebih ramah terhadap kulit dan kuku, seperti peel-off polish, adalah ide bagus. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *