Penyebab Umum Kulit Mengelupas yang Sering Terjadi

Penyebab kulit mengelupas.(Foto: moms money)

Sukoharjonews.com – Kulit wajah merupakan sebagian kecil dari organ paling besar di seluruh tubuh. Bagian kulit tersebut memang kecil tetapi memiliki peran signifikan dalam kehidupan. Disamping berkaitan dengan penampilan, kulit wajah berfungsi untuk melindungi kerja tubuh, mencegah kehilangan protein dan cairan, memperbaiki cedera, dan mengatur suhu tubuh. Karena fungsinya tersebut, apabila mengalami gangguan tentu perlu diberikan perawatan spesifik. Seperti ketika mengelupas, maka perlu mencari cara menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat agar fungsinya kembali normal.


Dilansir dari Diricare,Selasa (11/6/2024), kulit wajah mengelupas, bisa dipicu sejumlah faktor. Baik faktor internal atau kondisi tubuh maupun kondisi eksternal, seperti cuaca dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor internal yang jadi penyebab kulit mengelupas, berikut penjelasan lengkapnya.

Penyebab kulit mengelupas
Pada bagian manapun kulit yang mengelupas, hampir tidak ada yang menyukai kondisi ini. Apalagi kulit wajah yang ketika kamu hadir di tengah orang, langsung mencuri perhatian. Sebelum mencari cara untuk mengatasi atau menghilangkan kulit mengelupas, kamu perlu tahu apa yang mungkin menyebabkan kulitmu mengelupas.

1. Kulit kering
Kulit berfungsi melindungi cairan tubuh, tetapi kulit juga bisa menjadi kering karena kehilangan minyak alaminya. Minyak alami kulit hilang bisa dipicu faktor cuaca, lingkungan dengan kelembapan rendah, dan enggak cocok dengan produk perawatan yang dipakai.

2. Terpapar matahari
Seperti yang kita tahu, matahari adalah sumber kehidupan. Namun kamu perlu memahami bahwa terpapar matahari saat beraktivitas di siang terik bisa memicu kulitmu terkelupas. Gejala pertama yang mungkin dialami ialah kulit memerah. Lalu karena mekanisme perbaikan tubuh dirancang untuk melepaskan sel-sel kulit mati, maka otomatis kulit akan mengelupas. Tujuannya untuk meremajakan lapisan atas kulit atau lapisan epidermis. Nah, agar tujuan baik ini tak mengganggu kondisi tubuh dan penampilanmu, pakai pelindung yang tepat untuk kulitmu ya.


Kulit mengelupas membuat kulitmu bertekstur tak rata. Apabila disebabkan oleh paparan matahari, kamu perlu coba pelindung kulit muka paling efektif dari Diri Care. Custom Sunscreen mengandung niacinamide yang diformulasikan secara khusus oleh para ahli dan Custom Moisturizer dapat melindungi dari paparan matahari sekaligus menjaga kulit tetap lembap.

3. Eksim
Ketika kulit mengelupas disertai perubahan warna jadi memerah diikuti rasa gatal, mungkin kamu mengalami eksim. Untuk diagnosa secara klinis, kamu perlu memeriksakan diri ke dermatologis agar mengetahui pasti gejala eksim. Menurut dokter Rita Linkner, MD., dematologis di New York City, eksim disebabkan kecenderungan genetika yang mana kulit tak bisa memperbaiki dirinya sendiri dengan benar. Kulit tak bisa memproduki ceramide yang berfungsi menyatukan sel-sel kulit. Ini bisa jadi salah satu penyebab kulit mengelupas.


4. Memakai produk skincare yang salah
Sebelum kamu memilih produk skincare, baiknya mengetahui betul apa yang dibutuhkan kulit dan kandungan apa yang tidak cocok bekerja pada kulitmu. Ketika kamu berkonsultasi dahulu atau mencari informasi akurat mengenai skincare yang kamu pilih, maka risiko memakai produk skincare yang membuat kulit mengelupas lebih kecil. Selain mengetahui produk, kamu juga perlu mengenali karakter kulitmu.

5. Psoriasis
Berdasarkan data yang tercatat secara global, terdapat tiga persen populasi yang mengalami psoriasis. Gejala psoriasis antara lain muncul plak keperakan yang umumnya di lutut dan siku. Tetapi bukan tidak mungkin dialami pada kulit wajah. Seseorang yang mengalami psoriasis, tidak hanya terkelupas kulitnya tetapi juga merasakan gatal. Setelah diagnosa klinis, dokter akan memberikan resep topikal apabila tak mereda meskipun dioleskan pelembap.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *