Penyaluran Rastra 2018 Masih Menunggu Regulasi Pusat

Pemkab Sukoharjo bersama Bulog menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Rastra Kabupaten Sukoharjo, Rabu (05/12).

Sukoharjonews.com – Penyaluran beras sejahtera (rastra) di wilayah Sukoharjo telah selesai. Untuk tahun 2018 nanti, Pemkab Sukoharjo dan Bulog masih menunggu informasi lebih lanjut dari pusat. Rencananya, rastra berubah menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT). Tapi, konsep dan mekanismenya seperti apa, daerah masih menunggu informasi resmi dari pusat.

“Untuk Sukoharjo sudah selesai penyalurannya dan pembayaran juga sudah lunas. Untuk wilayah Solo Raya sendiri tinggal Klaten yang belum selesai,” ujar Wakil Kepala Bulog Subdivre Surakarta Sasmito Arya disela-sela Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penyaluran Rastra di Sukoharjo, Rabu (06/12).

Dikatakan Sasmito, saat ini stok beras di Subdivre Surakarta masih sebanyak 18.320 ton dan cukup untuk kebutuhan hingga Maret 2018 mendatang. Termasuk apakah penyaluran rastra akan beralih dari bulog atau tidak masih menunggu ketetapan resmi. Sampai hari ini belum ada surat resmi yang menyatakan rastra akan terus berjalan di 2018 atau berganti program.

Sasmito berharap penyaluran beras tetap ditangani Bulog karena selama ini kerja sama dengan pihak desa/kelurahan sudah terjalin dengan baik. Selama ini, koordinasi dengan Pemkab Sukoharjo juga telah terjalin baik dan Bulog juga masih menyediakan stok beras yang cukup.



“Jadi tidaknya penyaluran rastra menggunakan program BPNT di 2018 juga masih menunggu pusat. Hingga kini belum ada kejelasan,” ujarnya.

Pada bagian lain, Sasmito mengaku secara umum tidak ada kendala penyaluran rastra. Kalaupun ada keluhan, ujarnya rata-rata soal kualias beras dan itupun langsung ditangani Bulog dengan melakukan penggantian. “Kalaupun ada keluhan soal kualitas beras, langsung laporkan ke Bulog. Tidak usah dilaporkan ke mana-mana. Kami garansi beras langsung diganti,” tandasnya.

Beras Premium
Sasmito juga mengatakan, saat ini Bulog menyediakan beras premium, minyak goreng dan daging untuk dijual secara umum. Saat ini, produk dari Bulog dengan merek “Kita” sudah didistribusikan ke minimarket, warung-warung, komunitas, dan lainnya.

Kepala Gudang Bulog Telukan, Grogo, Sukoharjo Wisnu Sancoyo menambahkan, Bulog memberikan reward untuk tiga kecamatan yang melakukan pembayaran tercepat selama penyaluran rastra. Tiga kecamatan itu masing-masing Kecamatan Bulu, Tawangsari dan Sukoharjo. Tiga kecamatan tersebut mendapatkan reward berupa uang tunai.

Sedangkan Kabag Perekonomian Setda Pemkab Sukoharjo Dian Kurniati mengakui jika penyaluran rastra tahun ini sudah selesai seluruhnya. Termasuk pembayarannya yang sudah lunas. Untuk rastra 2018 sendiri, Dian juga mengaku masih menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat.

“Masih menunggu informasi resmi apakah jadi melaksanakan BPNT atau masih sama seperti tahun ini. Kalau BNPT, nanti ditangani oleh Dinas Sosial,” ujarnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.