Penting Diketahui, Ini 5 Bahaya Makanan dengan Nitrogen Cair

Bahaya makanan mengandung nitrogen cair. (Foto: theAsianparent)

Sukoharjonews.com – Makanan jajanan anak chiki ngebul atau chikibul tengah viral. Asap yang ditimbulkan oleh penggunaan nitrogen cair tersebut menarik minat anak-anak untuk membelinya. Padahal, kandungan nitrogen cair di dalam makanan tersebut sangat berbahaya.


Dilansir dari laman Klikdokter, Senin (16/1/2023), berdasarkan Food & Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, nitrogen cair adalah bentuk nitrogen yang mampu mempertahankan suhu sangat rendah dengan titik didih hingga -196 derajat Celsius.

Biasanya, nitrogen cair digunakan untuk membekukan dan mengawetkan bahan makanan. Namun, seiring perkembangannya, bahan kimia ini juga digunakan untuk meningkatkan daya tarik makanan dan minuman ringan, termasuk chiki ngebul atau yang dikenal dengan ice smoke.

Nitrogen cair memunculkan efek asap yang terasa dingin pada makanan dan minuman. Meski unik, ada sejumlah bahaya nitrogen cair yang mengintai kesehatan. Berikut ini bahaya makan nitrogen cair yang perlu diketahui:


1. Sakit Perut
Bahaya chiki ngebul dapat menimbulkan sakit perut yang parah. Kondisi ini dilaporkan pernah dialami seorang anak laki-laki berusia 13 tahun. Penelitian mengenai kasus ini diterbitkan lewat Clinical Endoscopy.

Anak laki-laki tersebut dilaporkan mengalami sakit perut parah secara mendadak disertai dengan sesak napas. Kondisi ini terjadi setelah dia makan camilan yang mengandung nitrogen cair.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, anak itu mengalami perforasi lambung alias dinding lambungnya berlubang dengan diameter sekitar 4 cm.


2. Sulit Bernapas
Menghirup terlalu banyak uap dari makanan atau minuman yang diproses dengan nitrogen cair dapat memicu sesak napas yang cukup parah. Hal ini makin berbahaya bila dialami penderita asma.

Nitrogen cair yang terhirup dapat menggusur oksigen di dalam tubuh sehingga mengakibatkan kamu kesulitan bernapas.

3. Lambung Berlubang
Menelan nitrogen cair untuk makanan dalam jumlah besar memang bisa menyebabkan lambung mengalami perforasi alias robek. Hal ini dibenarkan oleh dr. Devia Irine Putri.

Lambung robek terjadi akibat nitrogen cair bersuhu sangat dingin memenuhi isi lambung dengan cepat. Dinding lambung pun mengalami kerusakan sehingga berlubang.


4. Luka Bakar
Nitrogen cair biasanya digunakan dokter kulit untuk membakar hal-hal yang tidak diinginkan pada kulit. Hal ini disampaikan oleh dr. Reed Caldwell, seorang asisten profesor di Ronald O. Perelman Department of Emergency Medicine di NYU Langone Health, AS.

Menurut National Capital Poison Center, luka bakar, lepuh, dan cedera radang dingin (frostbite) yang parah bisa terjadi usai kulit terkena nitrogen cair.


5. Kematian
Bahaya makan nitrogen cair juga bisa menyebabkan kematian. Hal ini mungkin terjadi ketika kamu menghirup nitrogen cair di ruang tertutup tanpa ventilasi yang baik.

Konsentrasi oksigen dalam tubuh bisa menjadi sangat rendah sehingga menyebabkan pusing, sesak napas, tidak sadarkan diri, hingga kematian.

Perhatikan gejala yang muncul apabila kamu atau orang terdekat baru saja mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nitrogen cair. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *