Pengobatan Rumahan yang Efektif untuk Mengatasi ISK Saat Menstruasi

Mengatasi ISK saat menstruasi.(Foto: honestdocs)

Sukoharjobews.com – Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi ketika bakteri memasuki sistem saluran kemih, termasuk kandung kemih, ginjal, ureter, dan uretra. Penyebab ISK yang paling umum adalah bakteri Escherichia coli yang sering ditemukan di sistem pencernaan. Wanita lebih rentan terhadap infeksi ini karena uretra mereka lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah mengakses kandung kemih. Gejala-gejalanya mungkin termasuk nyeri panggul, urine kabur atau berbau menyengat, rasa terbakar saat buang air kecil, dan sering ingin buang air kecil.


Dikitip dari Healthsots, pada Kamis (9/5/2024), penggunaan tampon saat menstruasi terkadang dapat memasukkan bakteri ke dalam saluran kemih. Praktik kebersihan yang tidak tepat, seperti membiarkan tampon terlalu lama atau tidak sering menggantinya dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri dan ISK, oleh karena itu, inilah pengobatan rumahan untuk mengatasi ISK saat menstruasi:

1. Jus cranberry
Jus cranberry dikenal karena potensi kemampuannya untuk mencegah dan menangani ISK. Mengandung senyawa yang dapat mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih. Salah satu pengobatan ISK yang paling terkenal adalah dengan meminum jus cranberry tanpa pemanis. Anda juga bisa mengonsumsi jus cranberry dalam bentuk pil jika Anda memilih untuk tidak minum jus tanpa pemanis. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Integrative and Complementary Medicine , partisipan yang memiliki riwayat ISK berulang melaporkan lebih sedikit infeksi setelah mengonsumsi jus cranberry selama 6 bulan.


2. Perbanyak asupan vitamin C
Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengasamkan urin, menciptakan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi bakteri. Memasukkan makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk, stroberi, paprika, dan kiwi ke dalam pola makan Anda dapat membantu mengurangi risiko. Ini adalah pengobatan rumahan yang bagus untuk ISK dan dapat memberikan manfaat bagi seluruh tubuh Anda.

3. Jagalah diri Anda tetap terhidrasi
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BMJ Open Quality Journal , dehidrasi berhubungan dengan peningkatan risiko infeksi saluran kemih. Urine yang teratur dapat membantu menghilangkan bakteri dari saluran kemih sehingga mencegah penyakit. Saat Anda mengalami dehidrasi, Anda tidak akan sering buang air kecil, sehingga dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Tetap terhidrasi sangat penting untuk menghilangkan bakteri dari saluran kemih dan mempercepat penyembuhan. Usahakan minum air putih minimal 8-10 gelas per hari. Anda juga bisa memasukkan teh herbal seperti teh kamomil atau cranberry, yang mungkin memiliki manfaat tambahan untuk ISK.


4. Makan bawang putih
Ekstrak bawang putih bisa menjadi senjata efektif melawan jenis bakteri patogen yang resistan terhadap berbagai obat yang terkait dengan infeksi saluran kemih (ISK), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Pertanika Journal of Tropical Agricultural Science . Jika Anda menderita ISK saat menstruasi, cobalah makan bawang putih untuk meredakan ISK saat menstruasi.

5. Makan makanan kaya probiotik
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam World Journal of Gastroenterology , probiotik yang terdapat pada yoghurt dan makanan fermentasi lainnya seperti kimchi dan kombucha dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik di usus dan saluran kemih. Gabungkan makanan kaya probiotik ke dalam diet Anda atau pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen probiotik.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *