Ragam  

Penderita HIV/AIDS Terus Naik, Saat Ini ODHA Capai 487 Orang

Ilustrasi HIV/AIDS. (Spiritnews.co.id)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Sukoharjo terus mengalami peningkatan. Sesuai data Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, hingga September 2018 ini, Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Sukoharjo mencapai sebanyak 487 orang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari tahun 2010 sampai September 2018 ini. Penyebab meningkatnya ODHA di Sukoharjo sendiri dikarenakan berbagai faktor.



“Banyak faktor yang menyebabkan ODHA mengalami kenaikan di Sukoharjo. Selain karena semakin berkembangnya daerah, juga banyak bermunculan lokasi hiburan,” jelas Plt Kepala DKK Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Senin (1/10).

Lebih lanjut dikatakan Yunia, untuk mendeteksi para penderita HIV/AIDS, selama ini DKK sudah melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan pada pekerja hiburan di Sukoharjo. DKK bekerjasama dengan pengusaha tempat hiburan untuk melakukan tes dan lainnya. Tes dilakukan dengan sistem jemput bola karena sangat sulit meminta pekerja hiburan untuk datang sendiri secara sukarela.

Menurutnya, syarat minimal peserta yang dites harus 25 orang. Untuk itu, DKK menggandeng para pengusaha tempat hiburan. Tes yang dilakukan bisa diketahui dengan cepat saat itu juga. Jadi, bila positif HIV/AIDS bisa langsung dilakukan penanganan dan bimbingan. Yunia menegaskan, identitas diri penderita HIV/AIDS dijamin kerahasiaannya.

“Petugas tidak akan membocorkannya ke publik. Selain itu, tim yang melakukan pemeriksaan jemput bola juga lengkap terdiri dari perawat, konselor, dan petugas dari dinas kesehatan,” paparnya.

Disinggung tentang upaya untuk menekan penderita HIV/AIDS di Sukoharjo, Yunia mengaku dinas intensif melakukan sosialisasi dan bimbingan. Namun, karena banyaknya faktor yang memengaruhi, jumlah ODHA di Sukoharjo terus meningkat. Yunia mengaku ada juga pendatang yang menetap di Sukoharjo sudah terjangkit HIV/ADIS.

Berdasarkan data yang ada, pada tahun 2016 lalu jumlah ODHA baru mencapai 363 orang, kemudian tahun 2017 ada 457 penderita HIV/AIDS. Hingga September 2018 ini, jumlah ODHA sudah naik menjadi 487 orang. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments