Ragam  

Peminat Transmigrasi Diprediksi Naik, Imbas Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim

Ilustrasi daerah transmigrasi. (Beritasatu.com)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemerintah berencana memindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur dalam beberapa tahun ke depan. Kebijakan tersebut diprediksi akan menambah minat masyarakat Sukoharjo mengikuti program transmigrasi khususnya ke Kalimantan. Selama ini, Kalimantan menjadi salah satu tujuan favorit transmigrasi masyarakat Sukoharjo. Tahun ini, ada lima kepela keluarga (KK) yang akan diberangkatkan ke pulau tersebut.



“Tiap tahun ada masyarakat Sukoharjo yang berangkat transmigrasi dengan tujuan berbeda-beda. Tahun ini tujuannya ke Kalimantan Utara,” jelas Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo, Bahtiyar Zunan, Rabu (4/9).

Zunan mengatakan, lima KK yang akan berangkat transmigrasi ke Kalimantan Utara tahun ini terdiri dari 24 jiwa. Rencananya, lima Kk tersebut akan berangkat pada bulan Oktober-November mendatang dengan tujuan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Selama ini, ujar Zunan, pergerakan perpindahan warga Sukoharjo keluar daerah sejak tahun 1990-2000 terus mengalami peningkatan.

Menurutnya, daerah utama yang dipilih yakni di Jakarta sebagai ibu kota negara. Selain itu para perantau juga bekerja di daerah sekitarnya seperti di Bekasi, Bogor, Tangerang dan lainnya di Provinsi Jawa Barat. Ada ribuan warga Sukoharjo bekerja diberbagai bidang di daerah perantauan. Sejak tahun 2000, perantau asal Sukoharjo juga menyebar ke sejumlah daerah lain di Indonesia melalui transmigrasi.

“Rencana pemindahan Ibu Kota ke Kaltim pasti saya prediksi akan meningkatkan minat warga Sukoharjo untuk merantau ke sana,” ujarnya.

Zunan berharap warga yang akan merantau ke Kalimantan khususnya di calon lokasi baru Ibu Kota Negara di untuk mempersiapkan diri dengan matang. Zunan menegaskan, harus dipastikan terlebih dahulu ketersediaan lapangan kerja dan pemenuhan kebutuhan hidup. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *