Pembentukan Kampung KB di 167 Desa/Kelurahan Tuntas Dalam waktu 3 Tahun

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat mencanangkan Dukuh Tambakan, Desa Karangwuni, Weru sebagai Kampung KB, Minggu (7/4) malam.

Sukoharjonews.com (Weru) – Komitmen Pemkab Sukoharjo untuk membentuk Kampung KB dibuktikan dengan tuntasnya seluruh desa/kelurahan menjadi Kampung KB. Desa terakhir yang dicanangkan sebagai Kampung KB adalah Desa Dukuh Tambakan, Desa Karangwuni, Weru. Pencanangan dilakukan oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya beserta istri Etik Suryani. Pembentukan Kampung KB di Kabupaten Sukoharjo selesai dalam waktu tiga tahun karena kali pertama pencanangan dilakukan April 2016 lalu.



“Program ini dimulai tahun 2016 lalu dimana Kampung KB pertama yang dicanangkan adalah Kampung Terok, Kelurahan Begajah, Sukoharjo,” ujar Bupati.

Dikatakan Bupati, Kampung KB merupakan salah satu bentuk atau model miniatur pelaksanaan total program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait. Kampun KB Dukuh Tambakan, Karangwuni, Weru merupakan Kampung KB yang ke-167. Dengan kata lain, komitmen yang ditandatangani oleh semua camat pada April 2016 lalu telah terlaksana.

Sedangkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB dan P3A) Sukoharjo Proboningsih Dwi Danarti mengatakan, Anugerah Kencana diberikan karena komitmen Pemkab memberikan perhatian berupa honor kepada Petugas Pembantu KB Desa (PPKBD) se-Kabupaten Sukoharjo sebanyak 167 orang. Menurutnya, PPKBD mendapat honor Rp200.000 per bulan per orang.

“Indikator diraihnya anugrah kencana bidang KKBPK adalah dibentuknya Kampung KB unggulan. Kampung KB tersebut adalah Duta Makmur Dukuh Kedung Batang, Desa Ngasinan, Bulu yang keluar menjadi Juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Tengah sekaligus sebagai center of excellent (CEO) tingkat Provinsi Jateng,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *