Pembangunan Masjid Agung Ditarget Selesai Desember

Pembangunan Masjid Agung Baiturrohmah terus berjalan. Saat ini pembangunan masuk tahap penyelesaikan dan ditargetkan selesai Desember mendatang.

Sukoharjonews.com – Proyek pembangunan Masjid Agung Baiturrohmah terus berjalan. Saat ini, pembangunan sudah memasuki tahapan penyelesaian. Meski sudah mulai turun hujan, pembangunan masjid tetap berjalan lancar dan sesuai jadwal. Pembangunan sendiri ditargetkan selesai Desember mendatang.

“Proyek lancar tidak ada masalah. Masih sesuai jadwal dan saya harap selesai sesuai kontrak,” terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Suraji, Minggu (15/10).

Lebih lanjut dikatakan Suraji, masjid agung sendiri dibangun oleh Pemkab dengan dana sesuai lelang Rp30,8 miliar. Masjid akan dibangun dua lantai dan dilengkapi dengan lift. Dengan dibangun dua lantai, secara otomatis daya tampung masjid agung akan semakin besar. Sesuai perencanaan, masjid baru nanti mampu menampung 4.000 jamaah. Dalam pelaksanaan proyek itu sendiri, Suraji mengaku juga melibatkan Tim Pendamping Pengawasan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng.

Menurutnya, ada tiga pekerjaan pokok dalam pembangunan Masjid Agung Baiturrohmah. Masing-masing yakni pembangunan masjid dua lantai dengan luas 2.850 meter persegi, pembangunan gedung taman kanak-kanak seluas 394 meter persegi dan ruang imam seluas 45 meter persegi. Khusus rRuang imam, akan dibangun seluas 45 meter persegi dengan fasilitas ruang keluarga, kamar tidur, gudang dan dapur. Keberadaan ruang imam dimaksudkan agar imam masjid nyaman dan mau memakmurkan masjid.

Suraji melanjutkan, bangunan masjid lantai satu terdiri atas ruang salat utama, ruang sekretariat, ruang sound elektrik, ruang respsionis Majelis Ulama Indonesia (MUI), ruang resepsionis BMT, gudang, kamar mandi dan pantry. Sedangkan lantai dua terdiri atas ruang salat wanita, ruang penginapan dan janitor. “Masjid lantai mezanin seluas 450 meter persegi terbagi atas ruang Kantor Utama MUI, ruang kantor utama BMT, perpustakaan dan taman,” ujarnya.

Suraji menyebutkan pemenang lelang diberi waktu merampungkan pembangunan masjid hingga 3 Desember mendatang. Pelaksana pembangunan Masjid Agung Baiturrohmah sendiri adalah PT Sinar Cerah Cemerlang, Semarang. “Saya optimistis pekerjaan diselesaikan sesuai kontrak kerja,” tambahnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *