Pembangunan Jembatan Gadingan, Wakil Bupati: Insya Allah Tahun Ini

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani (tiga dari kanan) menaiki perahu di lokasi yang rencananya dibangun jembatan permanen.

Sukoharjonews.com (Mojolaban) – Masyarakat menanti realisasi pembangunan jembatan permanen yang menghubungkan Desa Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo dengan Desa Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo dengan Kampung Beton Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Solo. Jembatan di atas Sungai Bengawan Solo tersebut batal dilaksanakan di tahun 2017 lalu.



Warga berharap rencana jembatan di atas sungai terpanjang di Jawa itu benar-benar direalisasikan tahun ini. Warga Gadingan, Sugeng (32) mengaku hampir setiap hari menyebrang sungai Bengawan Solo di wilayah tersebut karena menjadi satu-satunya akses terdekat menuju ke Solo. Dia berharap ada kejelasan pembangunan jembatan permanen tahun ini.

“Realisasi jembatan permanen memang sudah ditunggu-tunggu dan harapannya benar-benar terealiasasi tahun ini,” katanya, Rabu (17/1).

Sugeng mengatakan selama ini, saat musim kemarau warga menggunakan jembatan sesek di sana. Ketika musim penghujan dan debit sungai Bengawan Solo naik, warga menaiki perahu karena jembatan sesek hanyut. “Tetapi kalau airnya terlalu deras, tidak berani perahunya,”.

Warga lainnya, Yatmi (51) juga menyampaikan harapan yang sama. Dia berharap rencana pembangunan jembatan permanen yang disampaikan Mbak Puan –sapaan akrab Puan Maharani- segera direalisasikan. Menurut dia sejak memasuki musim hujan, arus Sungai bengawan Solo terus mengalami kenaikan.

“Kalau musim hujan arusnya deras, tidak berani menggunakan perahu. Jadi harus cari jalan lain memutar,” tutur dia.

Sementara itu, Camat Mojolaban, Iwan Setiyono mengaku sudah menanyakan soal kejelasan rencana pembangunan Jembatan Gadingan tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo. Hanya saja, pihaknya belum mendapat kepastikan kapan direalisasikan. Mengingat, pembangungan jembatan nanti dibangun oleh pemerintah pusat dengan biaya dari APBN.

“Kami juga masih menunggu. Tahun lalu sempat ada tim yang meninjau ke lokasi. Tapi realisasinya diundur,” jelasnya.

Wakil Bupati Sukoharjo, Purwadi memastikan rencana pembangunan Jembatan Gadingan akan tetap dilaksanakan. Berdasarkan informasi yang dia terima, pembangunan jembatan permanen itu akan dilaksanakan tahun ini. Menurut dia Pemkab Sukoharjo tengah menayakannya kembali ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

“Tahun lalu kami mintanya jembatan permanen, tetapi mau jembatan gantung senilai Rp 25 miliar. Karena itu akhirnya pelaksanaan diundur. Insyallah tahun ini dibangun,” tutur dia. (sofarudin)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed