PDI Perjuangan Pegang Nama Pasangan Pilgub Jateng

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pada wartawan usai konsolidasi internal di Kantor DPD PDI Perjuangan Jateng, Kamis (09/11).

Sukoharjonews.com – Teka-teki siapa kandidat yang akan diusung oleh PDI Perjuangan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng mulai mengerucut. Pasalnya, saat ini DPP PDI Perjuangan sudah memegang nama pasangan yang akan diusung. Hal itu diungkapkan oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai Kondolidasi Tertutup Tiga Ppilar Partai di Kantor DPD PDI Perjuangan Jateng, Kamis (09/11)`

Sayang, dalam kesempatan itu Hasto masih menutup rapat-rapat siapa pasangan yang dia maksud. Hasto beralasan pengumuman siapa pasangan tersebut akan diumumkan saat momennya sudah tepat. Kapan momen yang tepat tersebut, Hasto mengungkapkan hanya Ketua Umum Megawati Soekanoputri yang tahu.

“Semuanya harus dilakukan bertahap. Yang jelas “fit and proper” sudah selesai dilakukan,” ungkapnya.

Menurutnya, seluruh pengurus dan kader partai harus bisa menyatu dengan rakyat. Partai diminta untuk tidak menampilkan wajah sebagai penguasa sehingga rakyat tidak akan meninggalkan partai. Dalam Pilgub Jateng, ujar Hasto, PDI Perjuangan bisa mengusung pasangan sendiri. Meski begitu, partainya tetap menjalin komunikasi dengan partai lain. Bahkan, Hasto mengaku PDI Perjuangan cukup proaktif menjalin komunikasi.

Terkait peluang petahana Ganjar Pranowo bersama Heru Sudjatmomo, Hasto tersenyum. Menurutnya, ketika kader partai duduk dalam pemerintahan dan mendapat penilaian yang baik oleh rakyat, maka bisa diberikan kesempatan. Menurutnya, dalam berpartai mudah ditebak terkait peluang bagi petahana.

Hasto menyebut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat menjabat Wali Kota Solo, Jokowi diberi kesempatan dua kali periode. Begitu juga ketika duduk sebagai Gubernur DKI juga dua periode meski di pertengahan periode kedua dikehendaki rakyat untuk menjadi presiden. Hasto menilai hal itu sebagai wujud PDI Perjuangan menyatu dengan keinginan rakyat.

“Kita ini berpartai, gampang ditebak, PDI Perjuangan itu berbicara tentang Pancasila, berbicara tentang NKRI, konstitusi, Kebhinekaan. Bagi kader partai yang mampu menjalankan pemerintahan rakyat dinilai baik, kami memberikan kesempatan untuk menjabat,” jelas Hasto.

Ketika ditanya kembali soal kapan rekomendasi akan diberikan, kembali Hasto menolak menyebutkannya. Yang jelas, nama pasangan sudah dikantongi dan tinggal menunggu momen untuk mengumumkannya. Soal momen itu, menurutnya akan diberitahukan oleh Ketua Umum Megawati.

Seperti diketahui, saat ini sudah terdapat sejumlh bakal calon (balon) yang mendaftar ke PDI Perjuangan. Beberapa nama tersebut adalah Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Bupati Kudus Musthofa, mantan Bupati Klaten Sunarna, Kepala Desa Tratemulyo, Weleri, Kendal, Lestariyono Loekito, serta Gubernur Jateng saat ini Ganjar Pranowo. Santer diisukan jika salah satu dari nama tersebut akan mendapat rekomendasi sebagai calon gubernur. (erlano putra)

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.