Panen Ikan di Waduk Mulur, Cek Harganya Disini

Karamba di Waduk Mulur, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Hasil panen ikan dari Waduk Mulur, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah tergolong baik dan harganya cenderung stabil. Terdapat beberapa jenis ikan yang dibudidaya di ratusan karamba di waduk tersebut.



Kebanyakan para pemilik karamba di Waduk Mulur membudidaya ikan nila. Tetapi beberapa diantaranya juga memelihara ikan jambal, ikan tombro, ikan putian, ikan gurame, dan ikan bawal. Harga setiap jenis ikan di waduk kebanggaan wong Sukoharjo itu berbeda.

Ikan nila dijual seharga Rp30.000/kilogram dan harga ikan jambal Rp22.000/kilogram. Sedangkan harga ikan tombro Rp35.000/kilogram dan ikan putian Rp20.000/kilogram. Sementara, harga ikan gurame embus Rp35.000/kilogram dan harga ikan bawal Rp 20.000/kilogram.

“Ini harga jual eceran, kalau harga bakul (pedagang) bisa lebih murah,” tutur Anggota Kelompok Karamba Mina Makmur, Anwar Rosidi, Jumat (12/1).

Anwar mengatakan, terutama ikan nila, setiap karamba rata-rata bisa menghasilkan 3 kwintal ikan setiap kali panen. Panen sendiri biasanya dilakukan dua kali dalam seminggu. “Kebanyakan hasil panen dibeli pedagangdari Yogyakarta dan Matesih Karanganyar,” imbuhnya.

Terkait anomali cuaca, Anwar mengatakan, ada sebagian ikan yang mati akibat cuaca yang tidak bersahabat. Menurutnya, tingkat kematian cukup banyak karena cuaca panas di siang hari dan sangat dingin ketika malam. “Tapi ini masih tergolong wajar dan masih bisa untung,” ungkapnya.

Anwar mengungkapkan, saat ini ada 200-an karamba milik belasan petani ikan di waduk tersebut. Setiap karamba biasanya diisi dengan 10.000 bibit ikan. Menurutnya, hasil panen ikan dikatakan masih bagus, jika dari sekian banyak bibit ikan yang ditebar, bisa dipanen separuhnya. (sofarudin)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.