OpenAI Mendorong Pembaruan Utama untuk Model GPT dengan Biaya Lebih Rendah untuk Pengembang

CharGPT dari OpenAI. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – OpenAI, laboratorium penelitian kecerdasan buatan terkenal yang memberikan dunia ChatGPT, telah mengumumkan pembaruan signifikan untuk API model bahasanya. Pembaruan ini mencakup pengenalan model GPT-4 yang sangat dinantikan dan gpt-3.5-turbo-16k, beserta beberapa fitur baru dan pengurangan biaya untuk pengembang.


Dilansir dari Gizmochina, Jumat (16/6/2023), model bahasa seperti ChatGPT menggunakan jendela konteks yang berfungsi sebagai memori jangka pendek, yang memungkinkan mereka menyimpan input atau konten dialog. Meningkatkan ukuran jendela konteks telah menjadi perlombaan teknologi di kalangan pengembang. OpenAI juga sedang mengerjakan versi 32.000 token GPT-4, meskipun belum dirilis ke publik.

Untuk saat ini, versi 16.000 token akan tersedia. Ini berarti pengembang dapat memproses sekitar 20 halaman teks sekaligus, memungkinkan pemodelan dan pembuatan teks yang lebih efisien.


Harga Model Turbo GPT-3.5 telah diturunkan sebesar 25%
Bersamaan dengan gpt-3.5-turbo-16k, OpenAI telah mengimplementasikan beberapa fitur penting lainnya. Salah satunya adalah pengenalan fungsionalitas pemanggilan fungsi di Chat Completions API. Peningkatan ini memungkinkan pengembang membuat chatbot yang dapat memanggil alat eksternal, mengonversi bahasa alami menjadi panggilan API, atau membuat kueri basis data.

Hal itu menyederhanakan tugas seperti mengirim email atau menjalankan perintah berdasarkan input pengguna. OpenAI juga berfokus pada peningkatan kontrol atas model mereka. Gpt-3.5-turbo-0613 yang baru menyertakan peningkatan kemampuan kontrol, memungkinkan pengguna untuk membentuk perilaku model bahasa dengan lebih andal.


Selain peningkatan fungsional ini, OpenAI telah mengurangi biaya pengembang secara signifikan. Harga model gpt-3.5-turbo telah diturunkan sebesar 25%. Ini berarti bahwa pengembang sekarang dapat mengakses model ini dengan harga sekitar USD0,0015 per 1000 token, menjadikannya lebih terjangkau dan mudah diakses.

Selain itu, OpenAI telah mengurangi harga model “text-embedding-ada-002”, sebuah teknik yang memungkinkan komputer memahami kata dan konsep, hingga 75%. Sebagai bagian dari pembaruan ini, OpenAI akan menghentikan beberapa versi model sebelumnya mulai 13 September. Namun, pengembang dapat terus menggunakan model ini hingga tanggal tersebut. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *