Muslim Wajib Tau, Ini Manfaat Mengikuti Kajian dalam Islam

Manfaat kajian.(Foto: conversation)

Sukoharjonews.com – Menjadi tempat untuk meningkatkan pemahaman dan juga keimanan, merupakan salah satu keutamaan majelis ilmu dalam Islam. Majelis taklim atau majelis ilmu memiliki peranan penting, khususnya melalui kegiatan pengajian dalam menumbuhkan kesadaran beragama.


Juga dalam membentuk kepribadian muslim, meningkatkan kemampuan ilmu baca tulis Alquran dan pemahamannya, serta membimbing dalam pandangan hidup yang Islami. Dikutip dari Cahaya Islam, pada Jumat (7/6/2024), inilah manfaat mengikuti kajian Islam:

1. Meningkatkan Pengetahuan Agama Islam
Cara terbaik untuk meningkatkan pengetahuan agama Islam. Hal ini terjadi karena kajian Islam yang diikuti dapat membantu memahami ajaran agama secara mendalam terkait hukum, etika dan nilai-nilai agama Islam.

2. Mempererat Hubungan dengan Allah
Anda dapat dengan mengikuti kajian yaitu untuk mempererat hubungan dengan Allah. Biasanya, seseorang akan mempererat hubungan spiritualnya dengan Allah jika belajar dan memahami ajaran agama dengan baik.


3. Menjadi Panduan Hidup
Manfaat mengikuti kajian Islam yang juga bisa Anda dapatkan yaitu bisa dijadikan sebagai panduan hidup untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Hal ini berhubungan juga dengan panduan lengkap Islam mulai dari hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesama manusia, sampai dengan panduan dalam aspek lainnya.

Tidak hanya itu, Islam juga memberikan Anda petunjuk untuk mengambil keputusan yang tepat dan memiliki dampak yang baik menurut agama dan negara. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mengikuti kajian Islam saat membutuhkan solusi dari masalah yang sedang dihadapi sesuai dengan ayat Al-Qur’an surat Al-Ankabut ayat 43.

Artinya: “Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.”

4. Menyehatkan Jiwa
Kemudian, kajian Islam juga memiliki manfaat yang dapat menyehatkan jiwa. Hal ini terjadi karena kajian Islam merupakan salah satu sumber motivasi sekaligus inspirasi untuk menjalani kehidupan sehari-hari.


5. Memperluas Wawasan dan Pengetahuan
Selanjutnya, manfaat dari mengikuti kajian yaitu dapat memperluas wawasan dan pengetahuan. Hal ini terjadi karena pembahasan dalam kajian Islam biasanya beragam, mulai dari pembahasan filsafat, sejarah Islam, dan lain sebagainya.

6. Meningkatkan Kedamaian Batin
Terakhir, mengikuti kajian Islam memiliki keuntungan berupa peningkatan kedamaian batin. Hal ini akan mempengaruhi Sobat Cahaya Islam dalam menjalani kehidupan agar lebih tenang dan stabil. Bahkan, kedamaian batin juga menjadi salah satu kunci hidup sehat.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *