Musim Banjir, Anggota Kodim Dilatih Evakuasi Korban

Satu Satuan Setingkat Peleton (SST) Kodim 0726/Sukoharjo mengikuti latihan evakuasi korban banjir di Waduk Mulur, Bendosari.

Sukoharjonews.com – Musim hujan telah tiba. Bahkan, Kabupaten Sukoharjo sudah dilanda banjir akibat hujan deras yang mengguyur Sukoharjo dan sekitarnya. Sebagai antisipasi, Kodim 0726/Sukoharjo melatih anggotanya melakukan evakuasi korban banjir. Latihan dilakukan di Waduk Mulur.

Dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, pelatihan evakuasi korban banjir tersebut diikuti 1 SST Anggota Kodim 0726/Sukoharjo. Latihan evakuasi korban banjir tersebut dilakukan di Waduk Mulur dengan menggunakan perahu karet. “Kegiatan ini merupakan kegiatan latihan untuk mengasah kemampuan yang selama ini terus dipelihara dikaitkan dengan kondisi cuaca dan wilayah Sukoharjo yang rawan terdampak bencana banjir,” terang Pasiopsdim 0726/Sukoharjo Kapten Inf Sunarto, Minggu (03/12).



Menurutnya, kegiatan digelar selama lima hari dimana anggota Kodim 0726/Sukoharjo dibekali dan diingatkan kembali tentang prosedur penangulangan bencana banjir melalui Geladi Posko dan Geladi Lapang. Setelah itu, rangkaian kegiatan juga diisi dengan mengasah kemampuan teknis evakuasi agar sewaktu-waktu digerakkan anggota sudah siap.

Baca Juga : Pascabencana, Anggota TNI Kerja Bakti Bersama Warga

Sunarto juga mengatakan, dalam latihan yang dilaksanakan tersebut, Pasiops menurunkan dua unit LCR (Perahu Karet) dan pasukan sekitar 30 orang. Para prajurit bergantian melaksanakan latihan teknik evakuasi bencana banjir meliputi teknik penjemputan korban dan pertolongan korban tenggelam.

“Peserta juga diingatkan kembali tentang teknik-teknik pertolongan pertama pada orang tenggelam,” tambahnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.