Merasa Insecure? Simak Tips Mencintai Diri Sendiri Berikut!

Cara mencintai diri sendiri. (Foto: kompas)

Sukoharjonews.com – Jatuh cinta mungkin terasa seperti perasaan terbaik di dunia, tapi akan lebih baik lagi jika Anda juga mencintai diri sendiri. Namun di dunia nyata, wanita seringkali melupakan hal tersebut. Sebaliknya, banyak perempuan yang kehilangan dirinya sendiri. Mereka mungkin akhirnya membunuh kepribadian mereka sendiri ketika mencoba mempertahankan ketertarikan, cinta, dan kedamaian. Namun penting untuk tidak melupakan cinta diri atau membiarkan individualitas Anda memudar di balik kilauan cinta. Anda harus tahu cara mencintai diri sendiri dalam suatu hubungan, daripada menjadikannya hanya sekedar memikirkan hubungan yang rusak.


Dikutip dari Healthshots, pada Selasa (13/2/2024), penting untuk dipahami bahwa mencintai diri sendiri tidak berarti berpikir bahwa Anda tidak membutuhkan pasangan dalam hidup. “Mencintai diri sendiri tidak baik jika pikiran seperti, ‘Saya tidak membutuhkan orang lain dalam hidup dan saya baik-baik saja sendirian seumur hidup’ mengaburkan pikiran Anda. Kata ‘Aku, aku, diriku sendiri’ mungkin tidak selalu berhasil. Manusia terprogram untuk memiliki koneksi, komunitas, dan rasa memiliki. Yang perlu mereka ingat adalah menetapkan batasan yang tepat. Oleh karena itu, simak inilah cara mencintai diri sendiri:

1. Rangkullah Kekurangan Anda
Penting untuk diketahui bahwa kita akan selalu memiliki beberapa kekurangan yang harus diperbaiki, namun tetap berbelas kasih terhadap diri kita sendiri sebagai sahabat atau simpatisan kita. Tidak ada orang yang sempurna, termasuk Anda dan pasangan. Terimalah diri Anda apa adanya, dan dorong pasangan Anda untuk melakukan hal yang sama.

2. Bangun Rutinitas Perawatan Diri
Lakukan rutinitas perawatan diri , sebaiknya rutinitas pagi dan rutinitas malam sebagai penanda hari itu. Ini memungkinkan Anda menandai kalender Anda sendiri untuk hal-hal yang penting bagi Anda dan semoga menenangkan kelima indera Anda. Dari memulai hari dengan jalan-jalan di alam, membuat jurnal, playlist favorit, secangkir kopi hingga menutup hari dengan rutinitas perawatan kulit, membaca kembali buku lama sambil lilin favorit mengeluarkan keharuman lembutnya di dalam ruangan. Merawat diri sendiri dengan ritual kecil yang memberi Anda kegembiraan akan memungkinkan Anda berbagi kegembiraan itu dalam hubungan.


3. Tetap Penasaran
Teruslah penasaran dan jadikan hidup Anda menarik untuk mengembangkan cinta diri dan menjaga hubungan romantis yang sehat. Ketika Anda menghabiskan waktu untuk mengejar beberapa minat pribadi, Anda akan memiliki waktu jauh dari satu sama lain untuk merasakan aspek diri Anda yang mana yang mereka tunjukkan. Seringkali kita menganggap remeh satu sama lain. Namun meluangkan waktu sejenak memungkinkan kami kembali dengan semangat baru dan cerita untuk dibagikan. Lagi pula, Anda tidak perlu memiliki hobi yang 100 persen tumpang tindih, tetapi Anda selalu dapat memperkenalkan satu sama lain ke sisi lain dunia Anda.

4. Pertahankan Sistem Pendukung Anda
Tetap berhubungan dengan teman-teman lama dan wujudkan perjalanan itu, luangkan waktu untuk menghadiri ulang tahun nenek Anda yang ke-80 meskipun dia tidak dapat bergabung dengan Anda, buatlah rencana dengan rekan kerja untuk perjalanan sehari penuh. Anda tidak perlu merencanakan segala hal dengan pasangan Anda hanya karena Anda sedang menjalin hubungan!


5. Berhati-hatilah dengan Konten yang Anda Konsumsi
Sangat mudah untuk mengonsumsi konten OTT, media sosial, dan konten TV dan merasa bahwa teman-teman fiksi tersebut menjalani kehidupan terbaik sementara Anda menjalani kehidupan normal dan membosankan. Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap perbandingan dalam suatu hubungan. Lakukan apa yang berhasil untuk hubungan Anda, tanpa menjadikan orang lain sebagai patokan Anda. Mungkin pasangan Anda berada di posisi bertahan dan Anda mendapatkan waktu bersama selama setengah tahun, tetapi tidak setiap hari secara langsung. Atau dia bisa bekerja dari rumah tetapi dia harus berada di kantor setiap hari. Oleh karena itu, harapan dari Anda masing-masing bukanlah copy-paste peran stereotip gender yang Anda lihat di drama TV.

Saat melakukan semua ini, pastikan Anda juga merasa dilihat, didengar, dihargai, dan dipahami seiring bertambahnya usia.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *