Menko PMK Puan Maharani Tebar Bantuan untuk Warga Sukoharjo

Menko PMK Puan Maharani ketika menjawab pertanyaan wartawan usai acara penyerahan bantuan di Kantor Kecamatan Tawangsari, Kamis (24/5).

Sukoharjonews.com (Tawangsari) – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani berkunjung ke Kabupaten Sukoharjo, Kamis (24/5). Puan Maharani menyerahkan bantuan untuk sejumlah program dan juga bidang. Terlihat hadir dalam acara tersebut anggota DPR Bambang Wuryanto, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, dan Bupati Klaten Sri Mulyani.



Bantuan yang diserahkan antara lain bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Surat Keputusan Tunjangan Prestasi Guru ( SK TPG), bantuan peralatan pertanian, Permodalan BUMDdes dan Kendaraan Operasional Kebencanaan. Penyerahan dilakukan di Kantor Kecamatan Tawangsari.

“Saya harap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Bantuan ini sesuai dengan yang diperlukan warga Sukoharjo,” ujar Puan.

Dalam kesempatan itu, Puan juga mengajak dialog dan mendengarkan testemoni dari para penerima. Salah satunya dengan siswa penerima KIP. Menurutnya, siswa pemegang KIP untuk tingkat SD menerima dana Rp450.000 per tahun, jenjang SMP Rp750.000 per tahun dan jenjang SMA/SMK sebesar Rp1 juta per tahun. Bantuan tersebut diberikan melalui rekening siswa dan dicairkan menjelang naik kelas.

“Uangnya bisa digunakan keperluan sekolah seperti membeli seragam, tas, buku, dan lainnya. Intinya untuk keperluan pribadi siswa,” terangnya.

Untuk BPNT, ujar Puan, setiap penerima mendapatkan dana Rp110 ribu dan digunakan untuk membeli beras serta telur.

Saat itu, Puan juga sempat menggelar kuis untuk warga yang hadir. Antara lain kuis diberikan pada salah satu siswa penerima KIP. Setelah naik panggung, siswa tersebut diminta untuk menyebutkan 15 provinsi di Indonesia serta melafalkan Pancsila. Setelah bisa menjawab, siswa yang bernama Fajar tersebut mendapat hadiah gitar yang ditandantangani oleh Puan Maharani.

Selain itu, kuis juga diberikan pada tiga warga lainnya yang kebetulan ibu-ibu. Pertanyaan yang diberikan Puan pun bervariasi. Ada yang diminta untuk menyebutkan 10 mama ikan yang ada di Sukoharjo, ada juga yang diminta melafalkan Pancasila. “Untuk yng ini saya minta sebutkan 10 makanan khas Sukoharjo,” kata Puan pada peserta terakhir.

Dengan lancar, ibu-ibu yang kebetulan naik panggung menjawab setiap pertanyaan Puan. Untuk itu, ibu-ibu tersebut masing-masing mendapatkan hadiah kompor, ricecooker, dan juga handphone untk peserta terakhir yang kebetulan berprofesi sebagai guru TK. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed