Mengintip Nutrisi Pada Buah Nanas, Simak Berikut Ini

Nutrisi pada buah nanas. (Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Buah tropis, nanas terkenal dengan bagian luarnya yang runcing dan bagian dalamnya yang berair dan manis. Asli Amerika Selatan, ini juga merupakan tambahan yang populer untuk daging dan saus di seluruh dunia, membuat salsa lezat untuk salmon, dan bisa memecah belah pizza.

Nanas segar memang enak, tapi ada juga jus nanas , enak jika disajikan sendiri dan bahkan lebih enak lagi di Piña Colada! Tapi bagaimana manfaat nanas sebagai bagian dari pola makan sehat?


Dilansir dari Nutrisense, Minggu (18/2/2024), Ternyata nanas bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehat. Seperti buah-buahan lainnya, nanas juga mengandung gula alami, vitamin, mineral, dan serat. Karena kandungan gula alaminya, buah manis ini bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin memuaskan rasa manis sambil menjaga pola makan sehat.

Apakah Nanas Baik untuk Penderita Diabetes?
Jika Anda menderita diabetes, kemungkinan besar Anda sedikit skeptis terhadap buah. Namun jika Anda menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2, Anda mungkin telah diperingatkan tentang buah-buahan tertentu, dan Anda mungkin menghindari makan nanas, khususnya. Jadi, apakah nanas benar-benar buruk bagi kadar glukosa darah?

Namun menurut American Diabetes Association , penderita diabetes harus mengonsumsi berbagai makanan segar, termasuk beberapa buah. Jawabannya adalah ya dan tidak—itu tergantung pada seberapa banyak nanas yang Anda makan dan bagaimana pengaruhnya terhadap kadar gula darah Anda.

Nanas mungkin tidak memiliki GI rendah, tetapi tidak selalu berada pada skala GI tinggi—bervariasi! Buah utuh memiliki GI, atau indeks glikemik sekitar 59 hingga 66, namun bisa mencapai 82 . Faktor lain yang dapat mempengaruhi skor GI adalah pengolahan dan pematangan, sehingga terdapat banyak variabilitas di sini.

Ingatlah bahwa tubuh setiap orang berbeda-beda, sehingga respons Anda terhadap buah bisa berbeda dengan orang lain. Sebaiknya konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan atau ahli diet terdaftar untuk mengetahui apakah nanas merupakan tambahan yang baik untuk diet Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan.


4 Manfaat Nutrisi Nanas
1) Mengandung Antioksidan

Nanas kaya akan antioksidan tertentu seperti flavonoid dan asam fenolik. Antioksidan melawan pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang mengandung elektron tidak berpasangan.

Jika Anda tidak hati-hati, mereka dapat merampok elektron sel lain, menyebabkan kerusakan sel dan jaringan serta kondisi kronis. Antioksidan dapat melawan beberapa masalah ini dan membantu mencegah kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

2) Sumber Vitamin dan Mineral yang Baik
Nanas mempunyai kandungan nutrisi yang besar. Mereka penuh dengan vitamin dan mineral. Nanas mengandung mangan dalam jumlah tinggi dan merupakan sumber vitamin C yang baik. Nanas juga memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin B6, vitamin K, potasium, folat, zat besi, dan tembaga.

Mangan adalah mineral yang terdapat secara alami pada tumbuhan, dan mengandung sifat seperti antioksidan. Vitamin C adalah nutrisi penting yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, meningkatkan pertumbuhan, dan membantu tubuh Anda menyerap beberapa nutrisi dari makanan yang Anda makan.


3) Sumber Karbohidrat yang Baik
Karbohidrat dipecah dari makanan yang kita makan dan diubah menjadi gula untuk digunakan sebagai energi oleh tubuh Anda. Untungnya, nanas segar juga memiliki kandungan serat yang baik, sehingga akan memperlambat penyerapan gula oleh tubuh ke aliran darah.

Dibandingkan dengan nanas segar, nanas kalengan mungkin memiliki tambahan gula yang dapat meningkatkan kandungan gula secara keseluruhan. Hindari nanas kalengan dalam sirup jika Anda sedang menjalani diet rendah karbohidrat atau perlu menjaga kadar glukosa darah dengan hati-hati.

Anda mungkin juga ingin menghindari terlalu banyak minum jus nanas yang mengandung fruktosa atau nanas kering. Buah-buahan yang diawetkan sering kali mengandung tambahan gula, jadi usahakan untuk mendapatkan dosis buah harian Anda dari buah-buahan segar dan utuh.

4) Tinggi Serat
Satu cangkir nanas mengandung kurang lebih 10 persen kebutuhan serat harian Anda. Serat adalah bagian penting dari makanan Anda dan merupakan karbohidrat yang tidak terurai setelah Anda mengonsumsinya. Ini dapat mendukung pencernaan yang sehat.

Ini memperlambat laju tubuh Anda menyerap gula yang dipecah dari karbohidrat ke dalam aliran darah Anda. Jadi, kandungan serat yang tinggi (satu cangkir nanas segar mengandung 2,3 gram serat) pada nanas hanyalah alasan lain untuk menambahkan buah ini ke dalam menu makan sehat. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *