Mengapa Anda Bangun dengan Sakit Kepala di Musim Dingin? Berikut Alasannya!

Bangun pagi pusing. (Foto: aqua)

Sukoharjonews.com – Pagi musim dingin tampak nyaman, romantis, dan menyegarkan. Namun, bangun dengan sakit kepala bisa mengubah pengalaman ini. Pada suhu yang lebih dingin, beberapa orang sering melaporkan sakit kepala di pagi hari. Jika Anda juga menderita ketidaknyamanan yang sama, Anda pasti tahu bahwa migrain musim dingin bisa sangat tidak menyenangkan. Salah satu penyebab paling umum dibalik hal ini adalah udara dingin, yang dapat memicu beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko sakit kepala di musim dingin.


Dikutip dari Healthshots, pada Minggu (31/12/2023), inilah penyebab sakit kepala pagi hari saat musim dingin:

1. Dehidrasi
Selama musim dingin, kita cenderung mengabaikan asupan air karena rasa haus kita berkurang dibandingkan saat musim panas. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi, yang dikenal sebagai pemicu sakit kepala. Selain itu, udara musim dingin yang dingin cenderung kering dan berkurangnya tingkat kelembapan juga dapat menyebabkan peningkatan kehilangan cairan melalui pernapasan sehingga memperparah dehidrasi saat tidur. Semua alasan ini bisa menyebabkan sakit kepala.


2. Tidur di ruangan yang dingin
Meskipun ruangan yang sejuk umumnya kondusif untuk tidur yang lebih nyenyak, suhu yang sangat dingin dapat mengganggu siklus tidur Anda dan menyebabkan sakit kepala karena tegang. Udara dingin dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga mengurangi aliran darah ke otak dan memicu sakit kepala.

3. Sinus tersumbat
Musim dingin sering kali menyebabkan peningkatan infeksi saluran pernapasan dan alergi, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, pilek, dan batuk. Sinus tersumbat akibat pilek atau reaksi alergi dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Kesulitan bernapas di malam hari juga bisa menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur.


4. Kelembaban dalam ruangan yang rendah
Sistem pemanas dalam ruangan biasanya digunakan untuk melawan cuaca dingin. Namun bahan-bahan tersebut dapat secara signifikan mengurangi tingkat kelembapan dalam ruangan, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Bahkan dapat mengiritasi saluran hidung dan tenggorokan, menyebabkan hidung tersumbat dan sakit kepala. Menggunakan pelembab udara di kamar tidur dapat membantu.

5. Apnea tidur
Sleep apnea, suatu kondisi di mana pernapasan terhenti saat tidur, dapat menyebabkan sakit kepala saat Anda bangun di pagi hari di semua musim. Masalah ini menjadi lebih umum selama musim dingin. Pola tidur yang terganggu dan kekurangan oksigen yang disebabkan oleh sleep apnea adalah beberapa penyebab paling umum dari sakit kepala di pagi hari.

6. Stres
Jika Anda sedang menghadapi stres, ada kemungkinan Anda mengalami sakit kepala di pagi hari. Faktor-faktor seperti festival, seringnya liburan, jadwal kerja yang tidak teratur, dan peningkatan aktivitas sosial selama musim dingin dapat mengganggu keseimbangan kehidupan kerja dan meningkatkan risiko stres. Selain itu, tingkat polusi udara yang tinggi, sore hari yang suram, dan malam hari yang dipenuhi kabut asap dapat menimbulkan stres bagi banyak orang.


7. Postur tubuh yang buruk saat tidur
Sakit kepala di musim dingin juga sering terjadi karena suhu dingin dapat menyebabkan otot tegang sehingga menyebabkan postur tidur yang buruk. Tidur dalam posisi yang canggung dapat membuat leher dan bahu tegang, sehingga menyebabkan sakit kepala tegang.

8. Gangguan afektif musiman (SAD)
Beberapa individu mengalami gangguan afektif musiman selama bulan-bulan musim dingin, ditandai dengan perubahan suasana hati dan penurunan tingkat energi. SAD juga dapat menyebabkan sakit kepala, karena efek fisik dan emosional dari gangguan ini dapat memengaruhi kualitas tidur. Terapi cahaya, olahraga teratur, dan menghabiskan waktu di luar ruangan pada siang hari dapat bermanfaat dalam mengelola SAD dan mengurangi kemungkinan sakit kepala di pagi hari.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *