Tips Menaikkan Berat Badan Yang Sehat Secara Alami

Ilustrasi. (Manjadda.com)

Sukoharjonews.com – Banyak orang bilang menaikkan berat badan itu mudah, namun banyak juga yang bilang kesulitan menambah berat badan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan. Tapi, bukan sekedar menaikkan saja, melainkan menaikkan berat badan yang sehat. Lantas, bagaimana cara menaikkan berat badan yang sehat?

Jika Anda termasuk kurus dan penurunan berat badan Anda tidak disebabkan oleh penyakit, maka ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan. Dirangkum darri www.hellosehat.com, berikut ini tujuh tips menaikkan berat badan yang sehat.



1. Makan lebih sering
Jika Anda kurus atau memiliki berat badan yang kurang, biasanya Anda lebih mudah kenyang jika dibandingkan dengan mereka yang berat badannya normal. Dibandingkan dengan makan tiga kali sehari, cobalah untuk makan lebih sering misalnya lima sampai enam kali per hari. Dengan begini lebih mudah bagi Anda untuk menambah jumlah kalori tanpa perlu terlalu merasa kekenyangan.

2. Pilih jenis makanan yang kaya akan nutrisi
Mengonsumsi “junk food” dan makanan instan dengan tujuan meningkatkan berat badan bukanlah cara yang baik. Pasalnya, meski Anda kurus, ada suatu kondisi yang disebut “skinny fat”. Kondisi tersebut merupakan keadaan di mana seseorang terlihat kurus tetapi sebenarnya kadar lemak dalam tubuhnya lebih tinggi dari normal. Kadar lemak dalam darah seperti misalnya kolesterol total dan “low density lipoprotein” atau LDL dalam darah cenderung tinggi.

Untuk itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan zat gizi dapat membantu menaikkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan. Misalnya pilihlah jenis kabrohidrat yang berasal dari “whole grain”, sayur dan buah, susu dan produk olahannya, daging, serta biji-bijian dan kacang-kacangan.

Makanan sehat. (Bundakim.com)

3. Cobalah mengonsumsi smoothies atau shake
Dibandingkan mengonsumsi soda, kopi, atau minuman lain yang tinggi kalori tetapi rendah kualitas zat gizinya, Anda dapat mencoba mengonsumsi smoothies atau milk shake. Anda bisa menggunakan susu atau jus buah yang dibekukan sebagai bahan dasar smoothies Anda. Menaburkan potongan kacang almond atau flaxseed juga dapat menjadi pilihan untuk menambahkan kalori terutama protein.

4. Pilih jenis makanan yang padat kalori
Makanan seperti kacang-kacangan baik masih dalam bentuk kacang maupun dalam bentuk selai, serta buah yang dikeringkan merupakan jenis makanan yang padat nutrisi. Ini berarti Anda tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak untuk mendapatkan kalori yang banyak. Selain itu buah-buahan seperti mangga dan alpukat juga dapat menjadi pilihan Anda karena termasuk tinggi kalori.



5. Cermati kapan waktu terbaik untuk minum
Pada sebagian orang, minum pada saat makan dapat mengurangi nafsu makan dan membuat lebih cepat kenyang. Untuk menyiasati hal ini, Anda dapat mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk minum. Mungkin sebelum makan atau mungkin sesudah makan. Anda juga bisa memesan minuman yang tinggi kalori (seperti jus buah misalnya) dibandingkan air putih agar Anda bisa tetap mendapat asupan kalori lebih.

Olah Raga. (Shutterstock)

6. Anda bisa perbanyak camilan
Yang dimaksud disini bukan sembarang camilan, tapi camilan yang baik gizinya. Seperti misalnya buah-buahan, sandwich, roti, susu, kacang-kacangan, dan keju. Hindari camilan yang tinggi kalori dan tinggi lemak tetapi kurang kualitas zat gizinya seperti misalnya keripik kentang, permen, cokelat, dan lainnya. Anda dapat mengonsumsi camilan disela-sela waktu makan dan sebelum tidur. Makanan pencuci mulut juga bisa Anda tambahkan dalam menu harian Anda. Pilihlah jenis makanan pencuci mulut seperti misalnya yoghurt atau kukis oatmeal.

7. Rutin berolahraga
Aktivitas ini tak kalah penting, yakni olah raga. Tentu jenis olahraga yang dapat meningkatkan massa otot Anda. Meningkatkan massa otot merupakan salah satu cara menaikkan berat badan yang sehat. Selain itu, olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan nafsu makan Anda. (*)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *