Masih Sering Diabaikan, Begini Bahaya Rokok untuk Kesehatan

Bahaya rokok untuk Kesehatan. (Foto: honestdocs)

Sukoharjonews.com – Tembakau telah ada selama berabad-abad, namun apa yang kita ketahui mengenai dampak buruk rokok terhadap kesehatan masih jauh lebih baru. Misalnya, perokok cenderung meninggal 10 tahun lebih awal dibandingkan orang yang tidak merokok. Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda dengan memilih untuk berhenti merokok.


Dilansir dari cleveland clinic, Rabu (10/1/2024),Setidaknya sejak tahun 1950an, para ahli kesehatan telah menghubungkan merokok dengan kanker paru-paru. Penelitian terus menunjukkan lebih banyak dampak buruk tembakau terhadap kesehatan Anda, mulai dari kanker hingga penyakit kronis (jangka panjang).

Para ahli memperkirakan bahwa 16 juta orang Amerika hidup dengan penyakit yang disebabkan oleh merokok. Setiap tahunnya, sekitar 480.000 orang meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan merokok.

Apakah bentuk tembakau lain lebih aman?
Banyak orang yang percaya bahwa merokok cerutu lebih aman dibandingkan merokok sebatang rokok. Namun, perokok cerutu menghadapi banyak potensi risiko yang sama dengan perokok, termasuk kanker. Mengunyah tembakau atau produk tembakau tanpa asap juga tidak lebih aman dibandingkan rokok. Tembakau tanpa asap mengandung hampir 30 bahan kimia penyebab kanker.

Rokok elektrik (vape), suatu bentuk pengiriman nikotin yang sedang berkembang, berbeda dari produk tembakau tradisional. Vaping menghasilkan nikotin yang lebih pekat dibandingkan rokok dalam bentuk kabut (uap) yang dihirup tanpa asap. Risiko kesehatan dari produk vape berkisar dari asma hingga penyakit paru obstruktif kronik dan kanker.


Bagaimana merokok mempengaruhi tubuh Anda?
Penggunaan tembakau membahayakan setiap organ di tubuh Anda. Merokok tidak hanya memasukkan nikotin tetapi juga lebih dari 5.000 bahan kimia, termasuk sejumlah karsinogen (bahan kimia penyebab kanker), ke dalam paru-paru, darah, dan organ tubuh Anda.

Kerusakan yang disebabkan oleh merokok dapat memperpendek umur Anda secara signifikan. Faktanya, merokok adalah penyebab kematian nomor satu yang dapat dicegah di Amerika Serikat.

Orang hamil yang merokok juga berisiko terhadap janinnya. Kemungkinan dampak pada kehamilan meliputi:
-Kehamilan ektopik, suatu kondisi yang mengancam jiwa ketika embrio tertanam di luar rahim.
-Keguguran.
-Kondisi bawaan (hadir saat lahir), seperti langit-langit mulut sumbing.
-Berat badan lahir rendah.

Bagaimana mengunyah tembakau mempengaruhi kesehatan Anda?
Tembakau tanpa asap dapat menyebabkan kecanduan nikotin. Orang yang mengunyah tembakau dapat terserang kanker mulut, kerongkongan, dan pankreas. Dan mengunyah tembakau menyebabkan penyakit gusi, kerusakan gigi, dan gigi tanggal.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *