Mantap Ini, Tingkatkan SDM, 60 Juru Parkir Diikutkan Diklat

Juru parkir Sukoharjo foto bersama disela-sela acara pendidikan dan pelathan (diklat)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo melakukan terobosan baru dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) juru parkir. Terobosan yang dilakukan adalah dengan mengikutkan 60 juru parkir (Jukir) pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan Balai Diklat Transportasi Darat Bali.



Dalam pers rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Rabu (26/6), diklat dibagi menjadi dua angkatan. Jukir yang dilibatkan merupakan perwakilan setiap Kecamatan se-Kabupaten Sukoharjo yang terbagi dalam angkatan XXV dan XXVL. Diklat sendiri digelar empat hari 24-27 Juni di Hotel Grand Keisa, Yogyakarta. “Juru parkir merupakan ujung tombak pendapatan daerah dari sektor retribusi parkir sehingga perlu dibekali dengan pengetahuan dan pelatihan agar lebih profesional dalam bekerja,” papar Kabid Lalu Lintas Dishub Sukoharjo, Ahmad Saryono.

Menurutnya, melalui diklat tersebut juru parkir akan tahu bagaimana dalam melayani masyarakat dengan baik dan benar, mempunyai etika dan juga mengetahui peraturan perparkiran ditepi jalan umum. Adapun materi diklat meliputi manajeman lalu lintas, aturan perundangundangan perparkiran dan juga tata cara parkir yang baik.

Dia juga mengatakan, tidak hanya dari sisi peningkatan SDM juru parkir semata, diklat juga diharapkan mampu meningkatkan pelayanan bidang perparkiran terhadap masyarakat. Dengan profesionalitas yang dimiliki seorang jukir, masyarakat yang memarkirkan kendaraan akan merasa terjamin keamanannya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed