Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ternyata Bisa untuk Meningkatkan Vitalitas

Manfaat daun katuk untuk kesehatan. (Foto: Hellosehat)

Sukoharjonews.com – Daun katuk atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan “sauropus androgynus” merupakan tanaman herbal yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Daun ini terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk ibu hamil dan menyusui karena dapat melancarkan dan meningkatkan produksi ASI.


Tak hanya itu, dilansir dari Phytochemindo, Senin (5/12/2022), di dalam daun katuk juga terdapat berbagai zat dan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari vitamin A, B, C, protein, kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi ekstrak daun katuk untuk kesehatan anda:

1. Meningkatkan Produksi ASI
Daun katuk mengandung sterol yang bersifat estrogenik. Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan ini memberikan efek hormonal yang dapat memicu produksi ASI menjadi lebih banyak, sehingga sangat efektif untuk melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

2. Meningkatkan Kualitas Sperma
Mengonsumsi ekstrak daun katuk sangat dianjurkan bagi pasangan yang ingin segera memiliki anak, terutama bagi pria. Hal ini karena daun katuk mengandung zat aktif yang dapat merangsang hormon testosteron untuk membangkitkan vitalitas seksual serta meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.


3. Meningkatkan Antioksidan
Dibandingkan beberapa jenis sayuran lainnya, daun katuk diketahui memiliki kadar antioksidan paling tinggi, antara lain polifenol dan senyawa ionik, yang berfungsi melindungi sel tubuh dari kerusakan dan peradangan akibat radikal bebas.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan
Daun katuk mengandung vitamin C yang dapat membantu pembentukan kolagen, yaitu protein penting yang dibutuhkan sel kulit untuk perbaikan luka. Dengan mengkonsumsi ekstrak daun katuk secara rutin dapat membantu proses penyembuhan kulit sehingga waktu pemulihan yang dibutuhkan jauh lebih cepat.

5. Mencegah Infeksi Bakteri
Ekstrak etanol yang ada pada daun katuk dapat mencegah pneumonia dan bakteremia yang disebabkan oleh infeksi bakteri klebisella pneumonia dan staphylococcus auerus. Normalnya, kedua bakteri ini memang hidup di usus dan hidung manusia dalam jumlah yang tidak berbahaya. Namun pada kondisi tertentu ketika pertumbuhannya tidak terkontrol dan menyebabkan infeksi, Anda dapat mengobatinya dengan mengkonsumsi daun katuk.


6. Menurunkan Gula Darah
Dikhawatirkan kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan diabetes. Nah, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa daun katuk memiliki zat anti diabetes, sehingga mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

7. Mencegah Obesitas
Sama seperti sayuran hijau lainnya, daun katuk juga mengandung kandungan alami seperti flavonoid, serat, dan air yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan. Selain itu, mengkonsumsi tanaman ini juga memungkinkan Anda untuk mengontrol berat badan, karena setiap 100 gram daun katuk hanya terdapat 1 gram lemak.

Daun katuk merupakan salah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat terutama khasiatnya yang dikenal sangat baik untuk produksi ASI bagi ibu menyusui. Oleh karena itu, tidak heran jika daun ini cukup populer sebagai bahan masakan atau produk tanaman herbal untuk dikonsumsi secara luas. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *