Mahasiswa Magang UPGRIS Gelar Webinar, Bahas Kesantunan Berbahasa Peserta Didik

Mahasiswa magang di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dari Universitas PGRI Semarang saat menggelar webinar mempublikasikan hasil penelitian, Sabtu (15/1/2022).

Sukoharjonews.com (Semarang) – Kesantunan berbahasa merupakan salah satu faktor penting dalam berkomunikasi. Dengan bahasa yang santun, komunikasi antarindividu menjadi semakin baik sehingga perkelahian antarpelajar bisa diminimalkan.




Dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Senin (17/1/2022), mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang, Ika Shofia Rani, bersama kawan-kawannya melakukan penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam Webinar Artikel Bahasa dan Sastra bertema “Berbahasa Sehat, Bersastra Hebat” melalui aplikasi Zoom Meeting pada 15 Januari 2022.

Ika dan kawan-kawan meneliti kesantunan berbahasa di kalangan peserta didik di SMA Negeri 11 Semarang. Hal itu dilakukan dengan maksud agar peristiwa tutur yang menunjukkan kesantunan berbahasa tersebut bisa menjadi contoh kasus pentingnya masyarakat tutur menjaga kesantunan dalam berbahasa. Mahasoswa Universitas PGRI tersebut meneliti selama mengikuti program magang mahasiswa di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

“Bentuk tuturan yang mengutamakan prinsip kesantunan dalam berbahasa mencerminkan adanya pemanfaatan prinsip kesantunan di dalam maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, permufakatan, dan simpati,” kata Ika.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Harimansyah, mengatakan bahwa mahasiswa magang perlu didorong menghasilkan produk. Dengan menghasilkan produk, magang mahasiswa sebagai program merdeka belajar tidak hanya sekadar mendapat pengalaman bidang kerja, tetapi bisa berguna sebagai portofolio untuk mencari kerja.

“Fokus mahasiswa magang di Balai Bahasa Provinsi Jewa Tengah, antara lain, sastra, bahasa, dan budaya. Dengan begitu, mahasiswa dapat mendalami bidang itu dengan bekal ilmu yang diperoleh di bangku kuliah,” ujar Ganjar. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.