Mahasiswa KKN Univet Expo Kreativitas

Ratusan mahasiswa Univet Bantara yang tengah melakukan KKN menggelar expo kreativitas di auditorium, Rabu (27/9)

Sukoharjonews.com – Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo yang tengah Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengikuti kegiatan expo kreativitas, Rabu (27/9). Mahasiswa KKN tersebut terbagi dalam 57 kelompok dimana lokasi penempatan di empat kabupaten. Masing-masing Kabupaten Sragen, Karanganyar, Klaten, dan Wonogiri.

Expo kreativitas mahasiswa KKN Univet Bantara tersebut dilakukan di Auditorium Univet. Rektor Univet Bantara Ali Mursyid menilai hasil kreativitas mahasiswa bagus KKN tersebut akan dievaluasi. “Saya harap mahasiswa mampu mengajarkan kepada masyarakat sampai level berkreasi setelah ditinggal balik mahasiswa. Kreativitas mahasiswa selain bagus juga bermanfaat,” ujar Ali.

Dari pantauan di lokasi, terdapat berbagai hasil kreativitas mahasiswa yang dipamerkan. Seperti suvenir berbahan baku batok kelapa, aneka keripik berbahan sayuran, pembuatan pupuk organik, roti berbahan lokal, serta ketela dan juga pisang.

Seperti di meja Kelompok Desa Poleng, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen dimana berkreasi dengan bahan sayuran yang dibuat menjadi keripik. Salah satunya adalah “Kripik Dasi” singkatan dari daun singkong, “Keripik Daken” singkatan dari daun kenikir atau keripik singkong.

Salah satu anggota kelompok Agustina didampingi rekan-rekannya mengaku setiap desa terdapat 10 mahasiswa dari berbagai prodi yang KKN bersama. Menurutnya, kelompoknya melihat sayuran di desa masih diolah secara konvensional menjadi sayur tambahan makan. Untuk itu, kelompoknya mencoba memberikan nilai tambah dari daun sayur-sayuran tersebut yang diolah menjadi makanan kecil atau makanan di saat santai.

“Daun singkong dan daun kenikir tumbuh subur di Poleng. Ibu-ibu PKK diberi pengetahuan tentang membuat “Keripik Dasi” atau “Keripik Daken”. Hasilnya gurih dan keripik goreng tersebut mampu bertahan 30 hari,” ujarnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.