Ragam  

Lomba Masak Ikan, Kreasi Menu Jadi Upaya Dongkrak Angka Konsumsi Ikan di Sukoharjo

Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo menggelar Lomba Masak Ikan di Pendopo GSP dan dihadiri Bupati Etik Suryani, Selasa (28/11/2023).

Sukoharjonews.com – Dalam upaya mendongkrak angka konsumsi ikan masyarakat, Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo menggelar Lomba Masak Ikan tingkat kabupatn dengan peserta TP PKK kecamatan maupun desa. Lomba digelar di Pendopo Graha Satya Praja dan dihadiri Bupati Etik Suryani, Selasa (28/11/2023).


“Lomba ini merupakan salah satu upaya sosialisasi dan memasyarakatkan ikan kepada masyarakat dengan harapan angka konsumsi ikan di Sukoharjo naik,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno.

Dengan peserta ibu-ibu dari TP PKK kecamatan maupun desa, diharapkan aneka menu masakan ikan yang ada disebarkan kepada masyarakat. Dengan beragamnya menu masakan ikan diharapkan masyarakat khususnya anak-anak lebih tertarik untuk makan ikan.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengapresiasi lomba masak ikan tersebut. Pasalnya, kegiatan tersebut dalam upaya memasyarakatkan gemar makan ikan (gemarikan). Lomba masak ikan sebagai ajang bagi anggota TP PKK selaku penggerak kegiatan masyarakat dalam berkreasi menciptakan menu olahan ikan yang enak, bervariasi, dan menarik disajikan.


“Budaya makan ikan bagi masyarakat perlu terus digalakkan karena kandungan gizi ikan yang sangat tinggi, baik untuk kesehatan, serta baik pula untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak-anak,” ujar Etik.

Ia juga mengatakan, lomba masak ikan tersebut menggunakan bahan dasar ikan patin dengan tema “Ragam Menu Ikan untuk Mewujudkan Generasi Sehat, Kuat dan Cerdas”. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendukung percepatan peningkatan angka konsumsi ikan dan penganekaragaman olahan berbahan baku ikan di Sukoharjo. Juga, untuk membantu menurunkan angka stunting,” ujarnya.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk untuk turut serta dalam mendukung kegiatan peningkatan angka konsumsi ikan. Hal itu dapat dilakukan mulai tingkat keluarga antara lain dengan cara lebih sering menyajikan ikan dalam menu keluarga, hidangan pertemuan maupun rapat, mendorong masyarakat untuk memperkenalkan menu ikan kepada anak-anak sedini mungkin, serta sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya ikan sebagai pemenuhan gizi keluarga. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *