Lomba Komsos Kreatif, Upaya Kodim Dekatkan Diri ke Masyarakat

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa saat meninjau pelaksanaan lomba melukis, Senin (6/8).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Dalam rangks HUT RI ke-73, Kodim 0726/Sukoharjo menggelar kegiatan lomba marching band dan lomba melukis, Senin (6/8). Kegiatan tersebut sekaligus bentuk Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Kodim untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Lomba tersebut digelar di kompleks Kodim 0726 dan dibuka secara langsung oleh Dandim Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa.



“Untuk lomba marching band khusus tingkat SMP, sedangkan lomba melukis untuk masyarakat umum,” jelas Dandim.

Menurutnya, peserta lomba sendiri adalah perwakilan SMP yang memiliki ekstra kurikuler drumband. Karena tidak semua sekolah yang memilikinya, lomba tersebut hanya diikuti lima sekolah. Meski begitu, saat lomba satu peserta tidak datang sehingga hanya empat peserta yang tampil dalam lomba tersebut. Untuk lomba melukis sendiri diikuti 20 peserta.

Dengan lomba ini, ujar Dandim, Kodim ingin memberikan wadah buat pelajar untuk berkreasi. Kegiatan yang ada di sekolah diwadahi dan ada salurannya dimana salah satunya adalah dengan lomba. “Disisi lain, generasi muda semakin kreatif dan inovatif serta terhindar dari hal-hal yang negatif karena dalam kegiatan ini juga diselipkan materi wawasan kebangsaan dan materi nasionalisme yang lain,” ujarnya.

Dandim juga mengatakan, Komsos Kreatif tersebut serentak digelar di tingkat Kodim seluruh Indonesua. Selanjutnya juara satu dalam lomba tersebut akan diikutkan dalam lomba serupa di tingkat Korem dan selanjutnya hingga puncaknya ditingkat Mabes TNI AD. “Untuk dewan juri sendiri diambilkan dari profesional. Bukan dari Kodim sehinga lebih fair,” tambahnya.

Salah satu peserta lomba marching band yang digelar Kodim saat tampil di depan dewan juri.

Dari pantauan di lokasi, lomba marching band tersebut menarik perhatian masyarakat sekitar utamanya siswa SD. Saat lomba berlangsung, siswa SD yang berada di dekat Kodim menyempatkan diri untuk menyaksikan lomba tersebut. Dalam lomba marching bank tersebut, setiap peserta di beri waktu 10 menit untuk tampil di depan juri.

Empat SMP yang ambil bagian dalam lomba tersebut masing-masing SMPN 1 Kartasura, SMPN 1 Gatak, SMPN 2 Mojolaban, dan SMPN 1 Weru. Sedianya, satu peserta lainnya adalah SMPN 1 Sukoharjo. Namun, saat lomba berlangsung tim marching band SMPN 1 Sukoharjo tidak hadir.

Disisi lain, untuk lomba melukis sendiri menggunakan kanvas dan disediakan oleh panitia. Salah satu peserta Sasongko dalam lomba melukis tersebut mengambil tema “radikalisme”. Tema tersebut dia tuangkan dalam kanvas. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *