Layanan Streaming Baru yang Didukung Iklan YouTube Menawarkan Acara TV, Film, dan Saluran Gratis

Ilustrasi. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – YouTube dilaporkan sedang menguji layanan streaming baru yang didukung iklan yang akan memungkinkan pengguna untuk streaming acara TV, film, dan saluran secara gratis. Google, perusahaan induk YouTube, sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan hiburan untuk menguji konsep tersebut. Layanan baru ini mirip dengan aplikasi seperti Pluto TV, yang menawarkan streaming acara TV dari penyedia konten seperti Paramount Movies dan TV Land Drama.


Dilansir dari Gizmochina, Rabu (18/1/2023), perusahaan seperti Vizio dan Roku sudah menjual TV yang menawarkan layanan streaming serupa, tetapi mereka mendapat lebih banyak dari iklan dan komisi berlangganan daripada menjual perangkat keras. YouTube dilaporkan bekerja sama dengan Lionsgate dan A&E memiliki History Channel FYI dan Lifetime. Google menuntut potongan 45% dari pendapatan iklan.

YouTube baru-baru ini menandatangani kesepakatan dengan NFL Sunday Ticket, dan mulai musim 2023-2024, game tersebut akan ditampilkan di YouTube TV dan YouTube Primetime Channels. Google saat ini memiliki sekitar 5 juta pelanggan, dan YouTube TV menawarkan lebih dari 100 saluran TV langsung seharga USD64,99 setiap bulan. Perusahaan dapat memutuskan untuk memasarkan layanan gratis yang didukung iklan dengan merek YouTube TV.


Tren saat ini dalam layanan streaming adalah menawarkan tingkatan layanan gratis atau berbiaya rendah yang didukung iklan. Netflix Peacock Disney dan HBO Max sama-sama memiliki tingkatan layanan yang didukung iklan, dan sepertinya YouTube TV akan menjadi yang berikutnya.

Langkah YouTube juga menandakan pergeseran dalam strategi Google. Dengan layanan streaming gratis yang didukung iklan, YouTube akan dapat menjangkau audiens yang lebih luas, terutama mereka yang tidak ingin membayar untuk berlangganan.

Selain itu, langkah tersebut sesuai dengan fokus Google pada periklanan sebagai sumber pendapatan utama, karena perusahaan ingin mendiversifikasi aliran pendapatannya. Seiring semakin populernya layanan streaming, semakin banyak perusahaan yang menawarkan tingkatan gratis yang didukung iklan karena memungkinkan mereka menjangkau audiens yang lebih luas sambil tetap menghasilkan pendapatan melalui iklan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *