Lapor: Proyek Perbaikan Jalan Selesai Dikerjakan 100 Persen

Jalan Cuplik-Sukoharjo kini sudah mulus setelah dicor beton dengan anggaran dana mencapai miliaran rupiah.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Terdapat puluhan proyek perbaikan dan peningkatan jalan yang tersebar di Sukoharjo senilai lebih dari Rp 85 miliar tahun 2017 ini. Kabid Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Jumadi mengatakan ada puluhan proyek perbaikan dan peninngkatan jalan baik dari bantuan pemerintah pusat, provinsi, maupun dari APBD Sukoharjo sendiri.

“Semua sudah selesai 100 persen dan sebagian masih dalam masa pemeliharaan,” tutur Jumadi, Selasa (19/12).

Jumadi mengungkapkan, tahun ini ada sekitar 40-an paket proyek pekerjaan jalan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sukoharjo denga pagu anggaran Rp 44,3 miliar. Selain itu, DPUPR juga melaksanakan 10 paket proyek dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan pagu anggaran Rp 23,3 miliar dan 9 proyek bantuan dari Pemerintah provinsi Jawa Tengah dengan pagu anggaran Rp 17,7 miliar.

“Ada yang peningkatan dan ada juga yang rehabilitasi,” imbuhnya.

Jumadi menambahkan, pihaknya selalu berkomitmen menyelesaikan proyek-proyek selesai tepat waktu sebelum tahun anggaran berakhir. Salah satunya dengan menyusun jadwal pelaksanaan lelang lebih awal dan memetakan proyek-proyek yang strategis.

“Agar selesai tepat waktu, penyusunan jadwal lelang kami lakukan lebih awal dan kami memanajemen proyek-proyek yang strategis,” pungkasnya. Saat ini, pihaknya juga tengah menyiapkan program-program perbaikan dan peningkatan jalan di tahun 2018.

Sementara itu, DPUPR Sukoharjo juga melaksanakan proyek-proyek besar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo memasang anggaran senilai ratusan miliar rupiah untuk pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur dalam APBD dan APBD Perubahan 2017. Anggaran tersebut dikucurkan untuk proyek pembangunan masjid, jembatan, terminal, jalan hingga gedung perkantoran.

 

Baca Juga: Kontraktor Proyek Masjid Agung dan Jembatan Lengking Kena Denda

Baca Juga: Sebanyak 2.300 Liter Miras Jenis Ciu Siap Edar Dimusnahkan

 

Proyek-proyek besar tersebut harus diselesaikan sebelum tahun anggaran berakhir, Desember ini. Informasi yang dirangkum dari pengumuman pelaksanaan lelang, proyek pembangunan Masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo dibangun dengan biaya sebesar Rp 30,8 miliar. Proyek ini dikerjakan PT Sinar Cerah Sempurna, Semarang.

Selain itu, tahun ini Pemkab Sukoharjo juga membangun sejumlah jembatan. Diantaranya pembangunan Jembatan Bulu dan Jembatan Lengking di Kecamatan Bulu. Pembangunan Jembatan Bulu dikerjakan PT Cemani Jaya, Sukoharjo dengan biaya sebesar Rp 752,7 juta. Sedangkan pembangunan Jembatan Lengking menelan biaya Rp 12,4 miliar dan dikerjakan PT Mitra Andalan Sakti, Jambi. (Sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.