Lakukan Ini Jika Anda Ingin Terhindar dari Ambeien!

Hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari ambeien. (Foto: SiloamHospital)

Sukoharjonews.com – Mengalami ambeien atau wasir merupakan hal yang sangat tidak nyaman. Karena penyakit ini menimbulkan rasa gatal dan nyeri, sehingga membuat sangat tidak nyaman. Selain itu dibeberapa kasus bahkan sampai keluar darah saat selesai buang air besar (BAB).


Oleh karena itu, agar tidak terkena penyakit ambeien atau wasir, Anda perlu memperhatikan hal berikut ini. Dilansir dari berbagai sumber melalu HealthGrid, Sabtu (14/1/2023), sejumlah hal ini perlu diperhatikan agar tidak terkena ambeien atau wasir:

1. Perbaiki pola makan
Jika ingin mencegah wasir, maka konsistensi kotoran harus lunak dan mudah dikeluarkan. Untuk mendapatkannya, perhatikan apa yang dikonsumsi sehari-hari. Kekurangan serat paling umum menyebabkan sembelit. Cobalah tingkatkan asupan serat dengan makan sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian. Dengan tercukupinya kebutuhan serat, maka terhindar dari sembelit dan mengurangi risiko ambeien karena tidak harus mengejan keras-keras.


2. Lakukan aktivitas fisik
Olahraga ringan membantu memperbaiki atau mencegah berbagai macam masalah pencernaan, termasuk ambeien. Ketika jarang bergerak, semua jaringan yang ada di dalam tubuh bekerja jadi lebih lambat, termasuk usus. Dengan berolahraga, kotoran akan terus mengalir melalui usus. Akhirnya, akan membantu menghindari sembelit dan kotoran yang kering. Aktivitas fisik yang baik untuk mencegah ambeien di antaranya jalan kaki, lari jarak pendek, bersepeda, dan yoga.

3. Tidak berlama-lama di toilet
Jika sering berlama-lama di toilet setelah buang air besar, baik untuk membaca atau bermain game, mulai sekarang kebiasaan ini sebaiknya diubah. Selain itu, posisi duduk di kloset juga akan menimbulkan tekanan ekstra pada pembuluh darah di anus. Semakin banyak waktu yang dihabiskan di toilet, maka akan makin besar juga kemungkinan untuk mengejan saat buang air besar.


4. Perbanyak minum
Cara mencegah ambeien selanjutnya, dilansir dari Everyday Health, adalah dengan lebih sering minum. Sama seperti makanan tinggi serat, tubuh yang terhidrasi dengan baik juga merupakan kunci untuk buang air besar yang lancar. Agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi, minumlah enam hingga delapan gelas setiap hari.

5. Jangan menahan BAB
Segera pergi ke kamar mandi saat perut terasa mulas, memang hal yang wajar dilakukan. Tapi, banyak juga orang yang memilih menahannya. Menahan BAB akan membuat kotoran jadi keras dan kering di usus, yang mengakibatkan sulit dikeluarkan. Melansir Cleveland Clinic, saat mengejan meskipun tidak ada kotoran yang keluar, akan meningkatkan tekanan pada bantalan vena yang menyebabkan wasir. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *