Kuku Mudah Patah? Atasi dengan Cara Berikut

Mengatasi kuku yang mudah patah. (Foto: prevention)

Sukoharjonews.com – Kuku panjang dengan bentuk yang indah dan kuat tentunya menjadi idaman banyak wanita. Kuku yang indah ini dipercaya dapat membuat jari terlihat lebih lentik sehingga meningkatkan penampilan kita.


Sayangnya, hal ini tidak selalu mudah diwujudkan apalagi jika kita memiliki jenis kuku yang rapuh. Namun tidak perlu khawatir karena hal itu bisa dicegah. Dikutip dari Honestdocs, yang dilansir dari beberapa sumber, pada Jumat (9/6/2023), berikut cara memperkuat kuku:

1. Tidak Memotong Kutikula Kuku
Seorang ahli kulit dari Mount Sinai Medical Center di New York, Dana Stern mengatakan bahwa kuku yang gampang rapuh disebabkan oleh kebiasaan memotong bagian kutikula kuku. Kutikula merupakan lapisan kulit kuku yang berperan untuk menghalangi masuknya jamur dan bakteri pada kuku.

Dengan memotong lapisan kutikula kuku, sama saja Anda membuang sistem perlindungan alami yang dimiliki kuku Anda karena jamur dan bakteri akan masuk dengan mudah. Selain itu, lapisan kutikula yang dipotong juga akan berdampak pada infeksi kuku yang akan menyebabkan ruam merah, bengkak, kuku tidak rata, hingga kuku rusak permanen.


2. Menggunakan Pelembap Kuku
Ternyata tidak hanya kulit saja yang membutuhkan pelembap, kuku Anda pun membutuhkan pelembap agar tetap sehat. Meskipun belum banyak studi yang dapat membuktikan khasiat pelembap kuku dalam memperkuat lapisan kuku, dari beberapa pengalaman pelembap kuku nyatanya ampuh untuk memelihara dan melidungi lapisan kutikula.

Dokter kulit dari Hackensack University Medical Center, Margaret Ravits menjelaskan apabila Anda memiliki kuku yang mudah rapuh, penggunaan pelembap kuku pada permukaan kuku secara rutin dapat membantu memulihkan kondisi kuku. Selain melembapkan, pelembap kuku juga mampu mengurangi munculnya retak dan pecah pada ujung dan permukaan kuku.


3. Mengonsumsi Suplemen Biotin
Suplemen nyatanya tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh dalam berbagai proses, tetapi dibutuhkan juga untuk memperkuat kuku. Berdasarkan beberapa studi, para peneliti menemukan bahwa ketebalan kuku dapat meningkat dan kuku tidak gampang retak dengan mengonsumsi suplemen biotin (turunan vitamin B).

Tidak hanya itu, sebuah penelitian di Jerman yang melibatkan 45 orang peserta dengan kerusakan kuku yang sangat parah menunjukan hasil yang signifikan setelah diberikan 2,5 miligram biotin tiap hari selama beberapa bulan. Sebanyak 90 persen peserta mengalami peningkatan yang baik pada kuku mereka dibandingkan dengan sebelum mengonsumsi suplemen biotin.


4. Tidak Memakai Aseton Untuk Kuku
Bagi para pecinta kutek, mengganti warna-warna kutek beberapa kali dalam sebulan merupakan hal yang biasa. Untuk mengganti warna, biasanya cairan penghapus atau aseton digunakan untuk menghilangkan warna kutek yang lama.

Namun ternyata, kebiasaan menggunakan aseton untuk menghapus kutek ternyata harus Anda hindari. Para ahli dermatologi setuju bahwa penggunaan aseton untuk menghilangkan cat kuku tidak boleh dilakukan apabila Anda menginginkan kuku yang kuat dan sehat. Hal ini harus dihindari karena cairan penghapus atau aseton akan membuat kuku menguning dan kusam. Selain itu, paparan aseton juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh, seperti sakit kepala dan lesu.

Untuk menghapus cat kuku yang Anda pakai, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti air lemon dan sari cuka apel. Dua bahan alami ini mudah didapatkan dan lebih sehat bagi kuku Anda. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *