KPU Sukoharjo Lakukan Pemetaaan TPS untuk Pilkada 2024

KPU Sukoharjo melakukan pemetaan TPS untuk Pilkada 2024.

Sukoharjonews.com – KPU Sukoharjo akan melakukan pemetaan Tempat Pemungutan Suara(TPS) untuk pemilihan serentak tahun 2024. KPU sudah menerima data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) berjenjang dari Kemendagri. Data tersebut digunakan olehKPU Sukoharjo untuk melakukan pemetaan TPS.


Ketua KPU Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo, mengatakan, dalam Pemetaan TPS, KPU menyasar pada jumlah TPS dan jumlah pemilih pada setiap TPS dengan mengacu pada ketentuan ketentuan diantaranya tidak boleh menggabungkan desa kelurahan atau sebutan lainnya, kemudahan pemilih ke TPS, tidak memisahkan pemilih dalam satu keluarga pada TPS yang berbeda dan aspek geografis lainnya

“Pemetaan TPS juga merupakan langkah awal dalam menyusun DPT untuk gelaran Pilkada Serentak 2024,” ujar Syakbani, Jumat (24/5/2024).

Menurutnya, data DP4 Sukoharjo sebanyak 688.725 orang yang diterima oleh KPU Sukoharjo yang akan segera ditindak lanjuti secara berjenjang oleh PPK, PPS, dan Pantarlih yang nantinya menyusun Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pemetaan TPS ini dilakukan dari tanggal 19-30 Mei 2024. Dalam pemetaan tersebut juga akan memuat berapa jumlah pemilih disetiap TPS-nya,” kata Syakbani.


Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Perencanaan Dtdata dan Informasi, Arief Wwicaksono menambahkan, nantinya setiap TPS tidak lebih dari 600 orang pemilih. Hasil dari pemetaan ini juga akan dipakai sebagai dasar untuk dilakukannya coklit yang dilakukan tanggal 24 Juni-24 Juli 2024 dengan mencocokkan DP4 dan identitas kependudukan.

“Saat ini fokus KPU Sukoharjo masih pada proses pemetaan TPS sehingga dari hasil pemetaan TPS akan berbanding lurus pada jumlah kebutuhan petugas coklit/Pantarlih,” ujarnya.

Diharapkan setelah terbentuknya PPS, maka akan segera dibentuk pula Petugas Coklit/Pantarlih sebelum tanggal 24 Juni 2024.

“Kami berharap peran aktif masyarakat dalam menyongsong pelaksanaan Pilkada pada tanggal 27 November 2024 baik dalam berpartisipasi maupun dalam menjaga kondusifitas dan kelancaran pelaksanaan Pilkada,” tambahnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *