Kodim Gelar Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana Alam

Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa saat melakukan Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana Alam, Selasa (17/4). Rencananya, latihan akan digelar tiga hari hingga 19 April mendatang.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kodim 0726/Sukoharjo menggelar Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana Alam. Pelatihan secara resmi dibuka oleh Danrem 074/Warastratama Surakarta Kolonel Inf Widi Prasetijono, Selasa (17/4). Latihan Posko 1 tersebut akan digelar selama tiga hari 17-19 April di Makodim.



Danrem 074/Warastratama Surakarta Kolonel Inf Widi Prasetijono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program kerja Korem 074/Warastratama 2018. Khususnya dibidang latihan guna menguji kinerja dan kemampuan Komandan dan Staf dalam menjalankan tugas pokok melalui mekanisme prosedur hubungan Komandan dan Staf. Selain itu, juga untuk menguji kemampuan dalam menjalankan koordinasi di tingkat Kodim.

“Termasuk didalamnya unsur Pemerintah Daerah dan Polri serta instansi terkait dalam wadah Badan Penanggulangan Bencana Daerah dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dibidang pengawasan dan pengendalian sebagai mekanisme dalam mengantisipasi berbagai dinamika dan permasalahan bencana alam yang berkembang dalam masyarakat di wilayah Sukoharjo dan Solo Raya,” paparnya.

Dalam latihan ini, ujarnya, diskenariokan Kodim 0726/Sukoharjo melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam yang akan terjadi di wilayah. Setelah mengikuti latihan, diharapkan setiap peserta memiliki dan kemampuan kepekaan yang lebih tinggi terhadap setiap perkembangan yang terjadi diwilayah.

“Selain itu, juga mampu menganalisa dan mengantisipasi ke depan untuk menentukan tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap potensi ancaman yang dapat terjadi serta mampu mengoperasionalkan Protap yang sudah ada,” ujarnya.

Danrem berpesan, latihan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh disiplin serta semangat yang tinggi agar tujuan dan sasaran latihan yang telah ditetapkan dapat tercapai sesuai dengan keinginan dan harapan pimpinan. Latihan juga diambil manfaat yang sebesar-besarnya dan jangan takut salah serta jadikan kesalahan tersebut sebagai suatu pengalaman yang berharga untuk tidak terulang kembali dalam latihan berikutnya.

Latihan juga sebagai wahana belajar dan berlatih serta terapkan kemampuan maupun ketrampilan yang dimiliki, sehingga menjadi prajurit Kowil yang profesional dan handal serta mengerti prosedur hubungan komando dan staf. Danrem juga meminta untuk menghindari kegiatan latihan yang bersifat monoton dan membosankan, serta upayakan aplikasi dan realisme latihan mendekati sebenarnya. Juga, melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna kelancaran latihan serta hindari pelanggaran sekecil apapun dalam pelaksanaan latihan posko ini.

Sedangkan Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa mengatakan, Latihan Posko 1 yang dilakukan Kodim merupakan program Korem dalam rangka antisipasi bencana alam. Latihan kali in mengambil tema penanggulangan bencana alam khususnya banjir. Latihan dilakukan bersama stake holder terkait seperti Pemda, Polri, BPBD, dan lainnya.

“Pada intinya, latihan posko ini untuk melatih mekanisme kerjasama antara TNI dan instansi lainnya dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam khususnya banjir. Jadi, jika ada ancaman, semua instansi sudah sama-sama siap dengan tugasnya masing-masing,” ujarnya.

Dengan latihan tersebut, fungsi kontrol apakah kegiatan sudah sesuai prosedur atau belum. Selain itu, untuk internal Kodim juga melatih koordinasi antara pimpinan dan staf. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.