Kisi-Kisi Soal Tes Tertulis Perangkat Desa Sukoharjo

Ilustrasi

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tes tertulis seleksi Perangkat Desa (Perdes) Kabupaten Sukoharjo akan digelar, Selasa (12/12) besok. Penasaran soal-soal tes tertulis yang akan keluar?Baca beritanya sampai tuntas agar tahu kisi-kisi soalnya.

Untuk Kabupaten Sukoharjo, jumlah pendaftar yang lowongan Perdes mencapai 2.470 orang yang tersebar di 147 desa 11 kecamatan. Berdasarkan dara di Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Pemkab Sukoharjo, untuk Kecamatan Weru terdapat 39 lowongan, Bulu 34 lowongan, Tawangsari 37 lowongan, Nguter 29 lowongan, Bendosari 45 lowongan, Polokarto 41 lowongan, Mojolaban 52 lowongan, Grogol 25 lowongan, Baki 42 lowongan, Gatak 45 lowongan, dan Kartasura 33 lowongan. Total lowongan Perdes se-Kabupaten Sukoharjo sebanyak 422 lowongan/formasi.

“Dari 11 kecamatan, pendaftar terbanyak ada di Kecamatan Mojolaban yang mencapai 322 orang yang akan memperebutkan 52 posisi,” jelas Kabag Pemdes Setda Pemkab Sukoharjo Setyo Aji Nugroho, Senin (11/12).

Disingggung soal tes tertulis sendiri, Aji mengungkapkan jika tes tertulis digelar serentak di kecamatan masing-masing. Tes tertulis dimulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB atau dua jam. Untuk lokasi tes sendiri, ditentukan oleh panitia di masing-masing kecamatan. Jumlah soal yang akan dikerjakan para pendaftar ada 100 soal dimana seluruhnya merupakan pilihan ganda.



Rencananya, ujar Aji, pada Selasa (12/12) besok, pada pukul 06.00 WIB Bagian Pemdes dengan dikawal petugas kepolisian akan mengambil soal ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS selaku pihak ketiga yang menyusun soal tes tertulis. Dari LPPM UNS, soal akan dibawa ke titik kumpul di Kantor Kecamatan Sukoharjo yang dinilai netral karena tidak menggelar tes tertulis Perdes.

“Dari LPPM hingga ke Kantor Kecamatan Sukoharjo tidak akan berhenti. Setelah itu, Camat dan panitia seleksi dengan dikawal petugas polisi dari 11 kecamatan akan mengambil soal di Kecamatan Sukoharjo pukul 07.00 WIB,” paparnya.

Dikatakan Aji, perjalanan dari Kecamatan Sukoharjo ke kecamatan masing-masing diperkirakan bisa satu jam sehingga pukul 08.00 WIB soal sudah tiba di lokasi tes. Setelah tes selesai,
soal dan lembar jawab dikumpulkan di Kecamatan Sukoharjo kembali. Setelah itu, Bagian Pemdes dan LPPM mengambil soal dan jawaban dan dibawa ke LPPM UNS untuk koreksi. Hasil seleksi tertulis diumumkan pada 14 Desember mendatang.

Disinggung tentang kisi-kisi materi soal tes tertulis besok, Aji mengaku terdiri dari empat macam soal. Masing-masing soal Pancasila dan UUD 1945, Pengetahuan Umum, Pemerintahan Desa, serta Wawasan Kebangsaan. Tiap kategori soal tersebut masing-masing 25 soal dengan bobot yang sama. “Kalau ditanya soalnya seperti apa, tentunya hanya LPPM yang tahu,” tegas Aji.

Namun, dari informasi yang beredar, untuk materi Pancasila dan UUD 1945, masyarakat cukup mempelajari materi Pancasila dan UUD 1945. Contoh soal mengenai hal itu juga sudah banyak beredar di internet. Begitu pula untuk materi Pemerintahan Desa dimana masyarakat bisa mempelajari materi dalam UU No 6/2014 tentang Desa.

Aji kembali mengatakan, peserta yang lolos tes tertulis berhak ikut tahapan selanjutnya berupa wawancara dengan Kepala Desa (Kades). Saat itulah Kades akan meminta rekomendasi pada Camat siapa yang lolos dan akan dilantik mengisi jabatan Perdes yang kosong.

“Pelantikan diselenggarakan paling lambat 27 Desember. Yang melantik Kades masing-masing, karena kewenangan sepenuhya ada di Kades,” pungkasnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 2 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.