Ketahui Apa Itu Dermaplaning, Manfaat Hingga Resikonya

Mengenal dermaplaning. (Foto: cantika)

Sukoharjonews.com – Dermaplaning adalah prosedur invasif minimal yang menghilangkan lapisan atas kulit untuk memperlihatkan kulit lebih cerah di bawahnya. Potensi manfaat dermaplaning antara lain mengurangi munculnya bekas jerawat dan kulit berlubang, mengelupas kulit kusam dan kering, serta menghilangkan bulu yang tidak diinginkan.


Apa itu Dermaplaning?
Dikutip dari Verrywell Health, pada Jumat (8/12/2023), selama sesi dermaplaning, dokter kulit atau penyedia layanan kesehatan lainnya menggunakan dermatom, perangkat bedah genggam yang terlihat seperti pisau bedah, untuk mencukur lapisan tipis kulit dan rambut dengan lembut. Kadang-kadang digunakan bersamaan dengan perawatan perawatan kulit lainnya atau digunakan sendiri sebagai metode pengelupasan kulit dalam .

Tergantung pada jenis dan kebutuhan kulit Anda, ahli kecantikan atau dokter kulit Anda mungkin melakukan dermaplaning hanya pada “area masalah” kecil atau seluruh wajah Anda. Ini sering digunakan untuk mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bekas jerawat.


Manfaat Dermaplaning
Potensi manfaat dermaplaning meliputi:

● Mengurangi munculnya garis-garis halus
● Menghilangkan atau meminimalisir tampilan bekas jerawat dan kulit berlubang
● Mencerahkan kulit kusam dan/atau kering
● Menghilangkan “bulu halus buah persik” (rambut vellus)
● Memperbaiki tekstur kulit
● Merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari
● Memungkinkan penyerapan produk perawatan kulit lebih dalam
● Mempersiapkan kulit untuk perawatan perawatan kulit lainnya atau prosedur bedah.

Untuk Siapa Dermaplaning Tepat?
Dermaplaning dapat bermanfaat bagi hampir semua orang yang ingin memperbaiki tekstur dan penampilan kulit mereka. Orang-orang yang kulitnya rusak akibat sinar matahari, orang-orang yang menyadari gejala penuaan kulit, dan orang-orang dengan kondisi kulit tertentu, seperti rosacea (kondisi kronis yang menyebabkan kulit merah dan ruam di wajah), mungkin beralih ke dermaplaning untuk menyembuhkan penyakit mereka. kulit lebih halus dan cerah.


Anda harus menghindari dermaplaning jika Anda memiliki salah satu dari hal berikut:

● Jerawat aktif
● Luka dingin
● Ruam kulit
● Terbakar
● Tahi lalat atau kutil

Apa Risiko Dermaplaning?
Dermaplaning biasanya merupakan prosedur yang aman dan efektif dengan risiko yang relatif kecil. Namun ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi, antara lain:

● Jaringan parut
● Torehan dan luka
● Demam melepuh
● Iritasi kulit, termasuk kemerahan dan nyeri
● Kulit menebal

Lebih aman dan efektif menjalani dermaplaning dengan tenaga profesional terlatih daripada mencobanya sendiri di rumah. Hubungi dokter kulit untuk membuat janji jika menurut Anda dermaplaning mungkin tepat untuk Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *