Kebiasaan yang Dapat Membahayakan Ginjal Anda

Kebiasaan yang Dapat Membahayakan Ginjal Anda.(Foto: Femina)

Sukoharjonews.com – Seringkali kita tidak sadar bahwa aktifitas dan makanan yang kita konsumsi kurang sehat bagi tubuh kita. Bahkan makanan yang kita anggap sehat sekalipun terkadang masih saja lalai.


Dilansir dari WebMD, Rabu (15/5/2024), ada beberapa kebiasaan dan beberapa jenis makanan yang tanpa kita sadari menyebabkan gangguan pada kesehatan ginjal, simak berikut ini.

Terlalu Banyak Protein
Protein sangat penting untuk diet sehat. Namun jika ginjal Anda tidak berfungsi normal, makan terlalu banyak dapat membebani ginjal. Periksa dengan dokter Anda. Anda mungkin perlu makan porsi kecil dari berbagai jenis protein. Telur, ikan, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan merupakan sumber yang baik.

Garam
Pada beberapa orang, terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah dan mempercepat kerusakan ginjal. Hal ini juga dapat menyebabkan batu ginjal, yang dapat menyebabkan mual, nyeri hebat, dan kesulitan buang air kecil.

Merokok
Hal ini tidak hanya dapat memperburuk tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2 – dua penyebab utama penyakit ginjal – tetapi juga dapat mengganggu obat-obatan yang digunakan untuk mengobatinya. Hal ini juga memperlambat aliran darah ke ginjal dan dapat menyebabkan masalah ginjal pada orang yang sudah menderita penyakit ginjal.


Alkohol
Peminum berat kronis dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Satu sesi makan berlebihan (lebih dari empat atau lima minuman dalam waktu kurang dari 2 jam) jarang menyebabkan cedera ginjal akut, dan jika hal ini terjadi, orang biasanya tidak memerlukan dialisis.

soda
Jika Anda minum dua atau lebih soda diet – sehari, Anda mungkin lebih mungkin terkena penyakit ginjal. Dalam sebuah penelitian, wanita peminum diet soda memiliki ginjal yang bekerja 30% lebih buruk setelah 20 tahun dibandingkan dengan wanita lain. Minuman yang dimaniskan dengan gula termasuk jus dan soda juga dikaitkan dengan insiden penyakit ginjal yang lebih tinggi.

Dehidrasi
Ginjal Anda membutuhkan air agar dapat bekerja dengan baik. Kurangnya asupan — terutama jika sering terjadi — dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Bagaimana cara mengetahui apakah Anda minum sesuai kebutuhan? Kencing Anda seharusnya berwarna kuning muda.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *