Ragam  

Kawasan CBD Digagas Pemkab di Wilayah Sukoharjo Selatan, Apa itu CBD?

Gunung Sepikul di Kecamatan Bulu menjadi salah satu potensi wisata alam di wilayah Sukoharjo selatan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sukoharjo wilayah selatan identik dengan wilayah kering ketika memasuki musim kemarau. Meski begitu, bukan berarti kawasan selatan tidak memiliki potensi yang bisa digarap. Pemkab Sukoharjo pun sudah memiliki gagasan untuk menjadikan Sukoharjo wilayah selatan sebagai “Central Bussiness District” (CBD). Untuk mendukung wacana tersebut, pemkab pun mulai melakukan persiapan khususnya penyiapan infrastruktur.



“Wilayah selatan yang kami maksud meliputi Kecamatan Bulu, Weru, Tawangsari, dan juga Nguter. Potensi yang ada dikembangkan utamanya potensi wisata,” jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Jumat (28/6).

Menurutnya, program pengembangan kawasan selama ini masih terfokus disisi tengah dan utara, disisi lain wilayah selatan belum dimaksimalkan. Padahal, di wilayah selatan punya potensi alam yang bisa dikembangkan sebagai lokasi wisata. Seperti wisata alam Batu Seribu, Gunung Sepikul, Embung Bangseng, dan lain. Jika dikemas dengan baik dan dibangun fasilitas yang baik pula, Agus optimistis akan menarik pengunjung.

Ketika potensi wisata tersebut sudah digarap dengan baik, otomatis akan mendorong pertumbuhan ekonomo masyarakat setempat. Untuk itu, bentuk intervensi pemerintah daerah dengan melakukan perbaikan dan pembenahan infrastruktur di wilayah selatan. Agus lantas meminta pada kepala desa (kades) untuk menggali potensi di wilayahnya masing-masing.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Darno mengatakan, terkait objek wisata Batu Seribu di Bangseng, Bulu memang direncanakan akan dikembangkan lagi. Bahkan, tahun ini Pemkab menyiapkan anggaran untuk melanjutkan pengembangan. Nantinya, selama pengembangan, Batu Seribuakan ditutup sementara untuk umum. Darno mengatakan, selama ini yang jadi kendala adalah akses jalan menuju lokasi karena masih sempit.

“Selain melebarkan akses jalan, juga dibangun sejumlah fasilitas lain yang bisa menarik minat masyarakat,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *