Ragam  

Kata Pemudik, Arus Mudik Tahun Ini Lebih Baik Dibanding Tahun Lalu

Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Zamroni ketika berbincang dengan pemudik yang melintas di Solo Baru, Minggu (9/6).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Arus mudik Lebaran tahun ini mendapat penilaian positif dari para pemudik yang melintas atau bertujuan Sukoharjo. Kebijakan “one way” di tol Trans Jawa dinilai cukup efektif untuk mencegah terjadinya kemacetan panjang seperti tahun-tahun sebelumnya. Aparat kepolisian mendapat apresiasi karena sudah mempersiapkan arus mudik dengan baik.



Seperti diungkakan Jimy Baselo dari Tangerang Selatan yang mudik ke Wonogiri. Saat melintas di Solo Baru, Jimy mengaku beroperasinya tol secara penuh sangat membantu pemudik seperti dirinya. Menurutnya, terobosan yang baik dari kepolisian yang sudah mempersiapkan dengan baik arus mudik tahun ini. “Dari sisi keamanan juga baik karena dimana-mana ada polisi dan TNI yang mengamankan arus mudik,” ujarnya.

Jimy juga mengatakan, tahun ini kepolisian cukup sigap mempersiapkan musim mudik. Dia berharap tahun depan bisa ditingkatkan lagi. Dilihat dari sisi infrastruktur, Jimy mengaku juga tidak ada masalah karena tol sudah nyambung dari Jakarta hingga Solo. “Kalau tahun lalu kan tol masih fungsional karema belum selesai 100%. Selama mudik ke Wonogiri aman dan lancar. Tidak ada masalah,” ujarnya.

Dia juga mengucapkan terimaksih pada Polri dan TNI yang tiap tahun menjaga tradisi mudik yang ada. Baginya, terjadinya kemacetan sudah biasa saat mudik karena pengguna mobil semakin banyak dimana hal itu menunjukkan ekonomi masyarakat juga semakin baik. Jimy mengaku mudik dari Tangerang Selatan menuju Wonogiri diatempuh dalam waktu 10,5 jam. Pasalnya, dirinya berangkat pukul 22.30 WIB dan sampai di Wonogiri pukul 09.30 WIB.

Pemudik lainnya Hartanto mengaku jalur Sukoharjo menjadi jalur yang selalu dia lewati ketika mudik ke Pacitan. Warga Jakarta tersebut juga menyatakan meski ada kemacetan di sejumlah titik, secara umum arus mudik tahun ini cukup baik. Terlebh lagi sudah ada tol Trans Jawa yang sudah nyambung dari Jakarta hingga Solo. Tol tersebut sudah beroperasi secara penuh. “Kebijakan “one way” selama arus mudik cukup baik untuk antisipasi kemacetan panjang di tol,” ujarnya.

Sedangkan Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Zamroni menyampaikan ucapan terimakasih pada semua personil yang terlibat pada pengamanan Lebaran di Pospam. Baik itu TNI, Brimob, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan elemen masyarakat lainnya. Selama arus mudik dan balik Lebaran semua petugas yang terlibat satu warna dan satu persepsi untuk menjaga dan mengamankan arus mudik dan balik Lebaran.

Selama arus balik ini Kasatlantas mengimbau agar pemudik berhati-hati di jalan karena arus lalulintas masih padat. Memasuki H+3 arus mudik in, ujar Kasatlantas, arus lalulintas di Jalan Raya Klaten-Kartasura masih padat kendaraan. Begitu juga di Kartasura dimana arus lalin juga masih padat karena ada pintu masuk tol di Ngasem. Kasatlantas menambahkan, puncak arus balik terpantau pada Sabtu (8/6). (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *