Kasus Positif Corona Aktif Tinggal 2, Sukoharjo Sudah Zona Hijau

Kabupaten Sukoharjo sudah turun ke zona hijau atau tingkat resiko penularan virus rendah.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tingkat penularan virus corona di Kabupaten Sukoharjo sudah turun drastis dalam beberapa bulan terakhir. Saat ini, kasus corona aktif di Sukoharjo tinggal dua kasus sehingga Kabupaten Sukoharjo sudah turun dari zona orange ke zona hijau atau tingkat resiko penularan rendah. Meski begitu, masyarakat tetap diimbau untuk taat protokol kesehatan (prokes) karena pandemi belum selesai.




“Meski sudah zona hijau atau tingkat resiko penularan rendah, saya minta tetap prokes, jangan abai karena pandemi belum selesai,” ujar Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Rabu (12/1/2022).

Bupati yang juga Ketua Satgas Penanganan Corona Kabupaten Sukoharjo tersebut menyampaikan, meski sudah zona hijau, Sukoharjo masih melaksanakan PPKM level 2. Untuk bisa turun ke level 1, ada beberapa parameter yang jadi acuan, salah satunya capaian vaksinasi diatas 80%. Untuk itu, Etik mengimbau warga Sukoharjo yang belum vaksin untuk segera ikut vaksin.

“Sukoharjo masuk menjadi daerah aglomerasi Solo Raya. Untuk bisa turun ke PPKM level 1, semua daerah di Solo Raya harus sama kondisinya. Baik tingkat resiko penularan maupun capaian vaksinasinya,” ujar Etik.

Saat ini, lanjut Etik, meski kasus corona sudah landai, tapi ada ancaman baru yakni corona Omicron yang sudah masuk di Jakarta dan Jawa Timur. Bahkan, kasus Omicron terus naik secara nasional. Untuk itu, Etik berpesan agar prokes tetap dijalankan agar kasus Omicron tidak masuk ke Kabupaten Sukoharjo.

“Untuk hajatan, saya juga pesan jangan dulu menggelar hajatan dengan sistem piring terbang. Hajatan boleh tapi sistem banyu mili dan jam kedatangan tamu diatur agar tidak ada kerumunan,” tambahnya.

Disisi lain, dari pantauan di situs https://covid19.go.id/peta-risiko, untuk daerah di Solo Raya semuanya sudah masuk zona hijau atau tingkat resiko penularan rendah. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed