Kasihan Benar, Gara-Gara Naik Angkutan Umum, Sembilan Siswa Ini Tidak Bisa Ikuti Ujicoba PTM

Ujicoba PTM tahap 2 di SMPN 1 Kartasura, Senin (19/4/2021).

Sukoharjonews.com (Kartasura) – Kabupaten Sukoharjo menjalankan ujicoba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tahap 2 di semua kecamatan, Senin (19/4/2021). Rencananya, ujicoba PTM tahap 2 digelar 19-30 April 2021. Pantauan di SMPN 1 Kartasura, PTM dimulai pukul 07.15 WIB, namun sayang ada sembilan siswa yang gagal ikut PTM gara-gara datang ke sekolah dengan cara naik angkutan umum.



Kepala SMPN 1 Kartasura, Viveri Wuryandari mengatakan, sesuai petunjuk teknis pelaksnaaan PTM, siswa harus datang ke sekolah dengan diantar jemput orang tua siswa. Namun, ada sembilan orang tua yang tidak bisa mengantar jemput sehingga siswa bersangkutan naik angkutan umum. Akibatnya, sembilan siswa tersebut belum bisa mengukuti ujicoba PTM.

“Siswa yang masuk digilir sehingga tidak bersamaan. Tiap kelas hanya 16 siswa. Karena sudah lama tidak ke sekolah, siswa terlihat sangat antusias,” ujar Viveri.

Viveri juga menyampaikan, protokol kesehatan ketat diterapkan selama ujicoba PTM ini. Salah satunya siswa yang tiba di halaman sekolah langsung masuk ke ruang bilik disinfektan. Setelah dari bilik disinfektan, barulah siswa masuk kelas. Saat masuk kompleks sekolah, siswa juga dicek suhu tubuhnya dan wajib cuci tangan.

“Kami juga menyiapkan Satgas Corona di tiap kelas yang memantau pelaksanaan protokol kesehatan selama ujicoba PTM,” ujarnya.

Terpisah, Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Warsini membenarkan jika setiap siswa harus diantar jemput oleh orang tuanya. Siswa tidak diperbolehkan naik transportasi umum ke sekolah. Menurutnya, teknis untuk ujicoba PTM tahap 2 masih sama dengan ujicoba PTM tahap 1 lalu.

“Mekanisme masih sama, seperti hanya dua mata pelajaran diaman tiap mata pelajaran hanya 30 menit dan tidak ada istirahat,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed