Kabar Gembira Untuk Gakin Yang Belum Masuk JKN-KIS, Pemkab Menambah Kuota

Warga Sukoharjo saat menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang iurannya ditanggung oleh Pemkab Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Data penerima bantuan iuran (PBI) untuk program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) diperbarui oleh Pemkab Sukoharjo. Hal itu untuk mengamomodir warga miskin (gakin) yang belum masuk data. Dengan kata lain, jumlah gakin PBI untuk program JKN-KIS akan bertambah. Update data tersebut dilakukan karena selama ini masih banyak gakin yang belum masuk data dimana jumlahnya mencapai ribuan.



“Jadi ada penerima baru untuk untuk peserta PBI proram JKN-KIS yang iurannya ditanggung Pemkab Sukoharjo. Dengan kata lain kuotanya ditambah dari jumlah yang dikaver Pemkab Sukoharjo saat ini,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Kamis (3/10).

Dikatakan Yunia, saat ini Pemkab Sukoharjo menanggung iuran untuk peserta PBI Program JKN-KIS sebanyak 84.005 jiwa. Padahal, kuota yang disediakan Pemkab Sukoharjo sebanyak 85.000 jiwa. Bahkan, untuk taun 2020 nanti kuota penerima akan ditambah 2.000 peserta. Hal itu untuk mengakomodir gakin yang belum masuk data sebagai PBI program JKN-KIS yang iurannya ditanggung Pemkab. Yunia berharap di tahun 2020 mendatang sudah tidak ada lagi gakin di Sukoharjo yang belum terkaver dalam program tersebut.

Sebelumnya Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya mengatakan, Pemkab siap mengkaver biaya iuran PBI program JKN-KS, termasuk rencana kenaikan preminya. Pemkab siap mengalokasikan anggaran Rp24 miliar untuk kebutuhan pembayaran premi tersebut. Menururtnya, dana tersebut untuk mengakaver pembayaran premi PBI KIS tahun 2020. “Termasuk untuk mengkaver penambahan kuota peserta PBI di tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, terkait hal itu Dinas Sosial bersama Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sudah diminta untuk melakukan pendataan ulang gakin yang belum masuk data PBI JKN-KIS. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *