Jus yang Dapat Memperlancar Buang Air Besar

Jus yang dapat melancarkan BAB.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Sembelit bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Sembelit membuat perut terasa begah, kembung, dan sakit. Gangguan pencernaan ini terjadi ketika makanan di dalam perut bergerak terlalu lambat di saluran pencernaan.


Salah satu cara mengatasi sembelit adalah meningkatkan asupan cairan. Selain minum air putih minimal 8 gelas sehari, konsumsi jus bisa jadi tambahan yang baik. Semua jus buah dan sayuran mengandung air, serat dan nutrisi bermanfaat. Dikutip dari Jpnn, pada Minggu (23/6/2024), berikut jus yang dapat memperlancar buang air besar:

1. Jus apel dan pir
Tinggi serat larut, jus apel dan pir membantu pencernaan. Masukkan 2 buah apel dan 1 buah pir ke dalam juicer dan haluskan.

2. Jus lemon
Banyak orang suka memulai hari mereka dengan segelas jus lemon. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Jus lemon kaya akan serat larut, menjadikannya minuman yang sempurna untuk membuat Anda cepat buang air besar. Peras jus 1 buah lemon ke dalam segelas air dan minum sampai habis.


3. Jus plum
Plum atau plum kering bisa membantu mengatasi sembelit.

Berdasarkan penelitian tahun 2011 yang diterbitkan di Alimentary Pharmacology & Therapeutics, plum harus dianggap sebagai terapi lini pertama jika terjadi sembelit ringan hingga sedang. Plum kering mengandung sorbitol, yang dikenal berfungsi sebagai pencahar alami.

Untuk menyiapkan jus plum, haluskan 6 hingga 8 buah plum yang diadu dengan secangkir air hingga halus.

4. Jus bayam
Jus bayam kaya akan serat dan magnesium, menjadikannya salah satu minuman terbaik untuk cepat buang air besar. Ambil 2 cangkir daun bayam segar dan masukkan ke dalam juicer.


5. Jus nanas
Jus nanas meningkatkan pergerakan usus. Blender 1 cangkir potongan nanas dengan 1/2 gelas air hingga halus.

Demikian beberapa jus yang dapat bantu untuk memperlancar masalah pencernaan Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *