Jelang Deadline, Parpol Ramai-Ramai Serahkan Perbaikan Berkas Bacaleg

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Partai politik (parpol) menyerahkan perbaikan berkas pendaftaran cabaleg menjelang tenggat waktu atau “deadline” 31 Juli hari ini. Saat ini, tercatat sebagian besar parpol sudah menyerahkan berkas perbaikan. Yang jelas, KPU akan menunggu hingga pukul 00.00 WIB untuk penyerahan berkan perbaikan para bacaleg yang didaftarkan.



“Sebagian besar sudah menyerahkan berkas perbaikan utamanya partai besar. Kami akan tunggu hingga pukul 00.00 WIB hari ini,” ujar Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Selasa (31/7).

Untuk data finalnya sendiri saat ini belum bisa diketahui karena masih ada waktu untuk pengembalian berkas perbaikan. Beberapa partai yang sudah mengembalikan berkas sampai siang ini antara lain PDI Perjuangan, Golkar, PAN, Gerindra dan lainnya. Kuswanto menegaskan, untuk partai yang tidak mengembalikan berkas sesuai deadline tentu dicoret dari daftar bacaleg.

Menurutnya, untuk revisi berkas ini pihaknya sudah menyiapkan petugas. Jadi, begitu ada berkas masuk langsung dilakukan verifikasi. Sebagian besar revisi bacaleg sendiri antara lain hasil tes kesehatan, surat keterangan pengadilan, legalisir ijazah, dan menggantikan bacaleg yang mengundurkan diri.

“Bacaleg yang mengundurkan diri ini memang harus segera diisi apalagi kalau perempuan. Kuota perempuan wajib dipenuhi, yakni 30%,” tandasnya.

Setelah “deadline” revisi berkas calon legislatif ini, agenda selanjutnya KPU adalah menentukan Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS) pada 4–12 Agustus. Setelah itu, pada 12–14 Agustus DCS akan diumumkan pada masyarakat. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *