Jangan Khawatir Makan Daging Kurban, ini Tips Aman Makan Daging untuk Penderita Kolestrol

Tips menghindari kolestrol karena daging.(Foto:Merdeka)

Sukoharjonews.com – Daging sapi adalah sumber protein yang sangat baik untuk tubuh kita. Akan tetapi terdapat pula kandungan kolesterol dari daging ini yang berbahaya untuk kesehatan. Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi disarankan menghindari makan daging karena khawatir kolesterolnya akan meningkat. Tapi sebenarnya kita tetap dapat mengonsumsi daging sapi walaupun memiliki masalah kolesterol asalkan dalam batas wajar.


Dilansir dari primaya, Selasa (18/6/2024), setiap orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Bahkan zat ini punya fungsi penting dan bisa ditemukan dalam semua sel di tubuh. Tubuh dapat memproduksi kolesterol sendiri melalui organ hati. Ketika ada jaringan yang rusak, tubuh akan melepas kolesterol masuk ke aliran darah menuju area tubuh yang rusak, danmemperbaiki kerusakan tersebut. Terdapat dua jenis kolesterol:

-Lipoprotein kepadatan rendah (LDL): disebut juga kolesterol jahat karena bisa menempel dan menumpuk di dinding pembuluh darah, lalu mengendap hingga mempersempit atau menyumbat aliran darah.

-Lipoprotein kepadatan tinggi (HDL): dikatakan sebagai kolesterol baik lantaran membawa kolesterol jahat keluar dari pembuluh darah dan kembali ke hari untuk meningkatkan kekuatan jantung.

Kolesterol tidak selalu buruk untuk kesehatan. Kolesterol menjadi berbahaya jika kadarnya terlalu banyak dalam tubuh. Kadar kolesterol tinggi berpotensi menyebabkan masalah pada pembuluh darah. Dapat terjadi penyempitan pembuluh darah, bahkan pembuluh darah tersumbat sepenuhnya oleh endapan kolesterol serta zat lain. Akibatnya, fungsi organ vital yang memerlukan pasokan darah akan terganggu, seperti jantung, paru-paru, dan otak.


Tips Aman Makan Daging Sapi untuk Penderita Kolesterol Tinggi
Agar tidak khawatir kolesterol dapat meningkat setelah makan daging sapi, ada setidaknya 5 tips yang dapat dipraktikkan:

-Tidak makan daging berlebihan. Angka aman yang direkomendasikan adalah 1-3 kali makan daging per pekan dengan berat 56-85 gram per porsi.

-Pilih bagian yang tidak berlemak, misalnya bagian pinggang. Hindari organ dalam seperti hati dan usus, begitu juga daging yang telah melewati pemrosesan seperti sosis dan ham.

-Jangan lupa sayur dan buah untuk mengimbangi kolesterol dari daging sapi yang sudah dimakan. Pastikan ada sayuran dan buah dalam seporsi makanan bersama daging.

-Alih-alih menggoreng dengan minyak banyak, sebaiknya masak daging sapi dengan cara dipanggang atau direbus yang lebih aman buat penderita kolesterol tinggi. Bila memasak dengan kuah, hindari santan dan garam berlebih.

-Imbangi dengan olahraga teratur jika mau lebih aman tetap makan daging sapi.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *