Jangan Datang ke Dispendukcapil, Layanan Adminduk Libur Hingga 9 Juni

e-KTP (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Lebaran seringkali digunakan oleh warga Sukoharjo untuk pulang kampung sekaligus mengurus administrasi kependudukan (Adminduk). Hanya saja, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) meliburkan layanan adminduk selama libur Lebaran ini. Sehingga, pelayanan adminduk baru kembali dibuka pada 10 Juni mendatang.



“Untuk libur Lebaran tahun ini layanan adminduk diliburkan. Kalau tahun lalu memang tetap buka saat libur Lebaran,” ujar Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sriwati Anita, Senin (3/6).

Anita mengatakan, layanan adminduk ditutup selama libur Lebaran karena akan dilakukan perawatan server. Menurutnya, liburnya pelayanan adminduk pada libur Lebaran tahun ini karena untuk memberikan waktu pada PNS berlebaran. Terlebih lagi, tahun lalu para PNS tidak libur karena harus melayani adminduk selama libur Lebaran. Anita mengaku layanan adminduk akan dioptimalkan pada hari pertama masuk setelah libur Lerana pada 10 Juni nanti.

Jika melihat pengalaman tahun lalu, ujarnya, begitu layanan dibuka usai libur Lebaran, permohonan adminduk langsung melonjak tajam. Hal itu terjadi karena momen Lebaran digunakan pemudik untuk sekalian mengurus adminduk. Baik itu kartu keluarga, e-KTP, dan lainnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa mengatakan layanan publik di kecamatan dan kelurahan tetap buka selama libur Lebaran dengan menerapkan sistem piket. Termasuk layanan kesehatan di Puskesmas. Sehingga, ketika ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan tetap ada petugas piket yang melayani. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *