Jalur Sugihan-Mertan-Bendosari Dilebarkan, 431 Bidang Tanah Dibebaskan

Salah satu ruas jalan di Desa Mertan, Kecamatan Bendosari yang akan dilebarkan. Tahun ini pembebasan lahan akan dilakukan oleh Pemkab.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pemkab Sukoharjo berencana melaksanakan pembangunan prasarana transportasi dengan meningkatkan fungsi jalan di ruas jalan Sugihan-Paluhombo pada segmen jalan Sugihan-Bendosari. Hal itu dilakukan dalam rangka rencana pengembangan kawasan industri di Bendosari. Untuk realisasi proyek tersebut, setidaknya ada 431 bidang tanah di sepanjang Desa Sugihan – Mertan – Bendosari akan dibebaskan.



Dalam sosialisasi di Balai Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Selasa (6/3), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Suraji menyampaikan, proyek tersebut untuk meningkatkan jalan tembus yang berada di Desa Sugihan, Mertan, dan Bendosari. “Pembebasan tanah ini dilakukan dalam kurun waktu sepanjang 2018 ini,” papar Suraji.

Sesuai data yang ada, panjang jalan yang akan ditingkatkan mencapai 5,2 kilometer (km) dengan kebutuhan lebar rata-rata 8-10 meter. Kebutuhan badan jalan sendiri mencapai 16 meter sehingga masih ada kekurangan lahan rata-rata 6-8 meter. Untuk luas bidang pengadaan lahan sendiri mencapai 29.575 meter persegi atau 2,95 hektar yang mencapai 431 bidang tahah.

Suraji melanjutkan, untuk rincian tanah yang dibebaskan yakni terdiri dari tanah warga, tanah kas desa, tanah wakaf dan tanah yayasan. Dalam sosialisasi tersebut, Suraji memberikan informasi pada warga berkaitan rencana pembebasan lahan tersebut. Pelebaran jalan tembus tersebut akan menghubungkan dengan Jalur Lingkar Timur yakni Nguter–Mojolaban dan Jalur Lingkar Barat Nguter–Gatak yang masih dalam rencana pembangunan.

“Tahun ini baru sebatas pembebasan tanah terlebih dahulu. Jika sudah selesai, barulah proyek pelebaran akan dilaksanakan. Proyel ini sudah direncanakan sejak tahun 2017 lalu,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya pelebaran jalan tembus tersebut taraf hidup masyarakat semakin meningkat. Selain itu, juga untuk memperluas kesempatan kerja dan pemerataan pembagian pendapatan masyarakat, meningkatkan hubungan ekonomi dari sektor primer ke sektor sekunder dan tersier sehingga tercipta pendapatan masyarakat yang meningkat secara mantap dengan tingkat pemerataan yang baik. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *