Ini Penyebab dan Gejala Cantengan

Penyebab cantengan.(Foto:Klik Dokter)

Sukoharjonews.com – Ingrown toenail atau yang sering dikenal sebagai cantengan adalah salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi. Cantengan biasanya terjadi di kuku dan ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan di sekitar kuku yang terinfeksi.


Dilansir dari Siloam Hospital, Selasa(14/5/2024), Cantengan adalah kondisi yang cukup umum terjadi dan biasanya tidak membahayakan. Meski demikian, jika tidak ditangani dengan tepat, cantengan dapat menyebabkan sejumlah komplikasi.

Apa itu Cantengan?
Cantengan adalah kondisi ketika kuku di bagian tepi tumbuh menancap ke kulit sehingga menyebabkan kulit dan jaringan di bawahnya mengalami radang. Cantengan dapat terjadi pada kuku tangan maupun kaki, namun paling sering terjadi pada jempol kaki.

Cantengan dapat menimbulkan rasa nyeri, bahkan terkadang bisa berlanjut menjadi infeksi. Meski sebagian besar kasus cantengan dapat sembuh dengan sendirinya melalui perawatan sederhana di rumah, kondisi ini akan membutuhkan tindakan medis apabila rasa nyeri tersebut semakin memburuk terutama disertai dengan gejala demam.

Penyebab Cantengan 
Cantengan bisa terjadi karena berbagai faktor. Sejumlah penyebab paling umum dari cantengan adalah sebagai berikut.

1. Kesalahan saat Memotong Kuku
Penyebab cantengan yang paling sering terjadi adalah kesalahan memotong kuku yang terlalu pendek. Hal ini akan membuat kulit bagian samping menutupi sudut kuku sehingga kuku tumbuh ke dalam kulit dan mengakibatkan cantengan.

2. Memakai Alas Kaki Terlalu Sempit
Pemakaian alas kaki yang sempit dapat menekan kulit disekitar kuku dan memicu pertumbuhan kuku ke arah yang salah, seperti tumbuh ke dalam daging sehingga menyebabkan cantengan. Hal ini juga berlaku pada pemakaian kaos kaki atau stocking yang terlalu ketat.


3. Cedera Kuku
Cedera pada kuku, misalnya karena terhimpit pintu atau tertimpa benda berat, juga bisa menjadi salah satu penyebab cantengan. Hal ini akan membuat kuku menghitam, patah, dan akhirnya tumbuh ke dalam daging.

Gejala Cantengan
Cantengan merupakan suatu gangguan yang cukup umum terjadi. Sejumlah gejala umum dari cantengan adalah sebagai berikut:

-Kuku terasa nyeri ketika disentuh atau terkena tekanan, misalnya saat memakai sepatu.

-Terdapat penumpukan cairan di area kuku yang mengalami cantengan.

-Kulit di area kuku yang mengalami cantengan memerah, membengkak, dan mengeras.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *