Ini Alasan Mengapa Orang Cerdas Lebih Suka Menyendiri

Orang cerdas suka menyendiri. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – Pernahkah kamu berpikir, apa sebenarnya alasan orang cerdas suka menyendiri? Tak jarang juga, sikap seperti ini malah disalahartikan dengan perilaku sombong seseorang.


Dilansir dari Psych2go, Rabu (3/5/2023), berdasarkan salah satu penelitian di The British Journal of Psychology membuktikan bahwa orang cerdas memang cenderung lebih menyukai kesendirian daripada keramaian. Studi tersebut pun menambahkan, orang jenius suka menyendiri karena merasa mampu menyelesaikan segala hal sendiri tanpa bantuan orang lain.

Masih ada alasan lainnya yang menjadi penyebab orang cerdas suka menyendiri. Berikut pembahasan lebih lengkap mengenai topik tersebut.


1. Menyendiri Dapat Membantu Mereka Lebih Produktif
Setiap orang mempunyai cara tersendiri agar dapat lebih produktif. Begitu pula dengan orang cerdas. Mereka merasa suasana yang sepi di mana hanya ada kesendirian, mampu membuat diri menjadi lebih produktif.

Menurut Psych2go, orang pintar paham bahwa produktivitas adalah hal penting dalam hidup. Karena itu, mereka akan menempatkan interaksi sosial pada urutan terakhir prioritas.

Menikmati waktu bersama teman sambil mengobrol, makan maupun minum di kafe tanpa kegiatan yang jelas termasuk kegiatan ‘buang-buang waktu’ bagi mereka.

Sebaliknya, kegiatan membaca buku, mengerjakan tugas, dan melakukan hobi bermanfaat justru adalah investasi waktu terbaik saat senggang. Tetapi, bukan berarti orang cerdas adalah anti sosial.


2. Kesendirian Beri Lebih Banyak Waktu untuk Berpikir
Jika kamu berpikir bahwa menyendiri adalah suatu hal yang menyedihkan, maka kamu keliru. Bagi orang cerdas, waktu sendiri justru memberikan mereka lebih banyak waktu untuk berpikir tentang masa depan.

Apa yang harus dia lakukan untuk mencapai tujuannya, ide-ide baru untuk menunjang kesuksesan karier-nya, dan masih banyak lagi. Tak jarang, orang jenius berpikir bagaimana cara menemukan solusi dari sebuah masalah.

Mereka tidak terlalu suka melakukan kegiatan berpikir ini dengan orang lain. Sebab, pertimbangan yang dilakukan atas kepentingan sendiri dengan pertimbangan atas kepentingan bersama akan berbeda.


3. Membuat Mereka Mempunyai Perspektif yang Berbeda
Ketika seseorang lebih sering menghabiskan sebagian besar waktu sendirian, Ia akan tanpa sadar melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Orang cerdas kerap kali mencari pengalaman-pengalaman baru dengan sendirinya dan berakhir mendapatkan pengetahuan tentang banyak hal.

Dengan demikian, pola pikir mereka terhadap suatu hal menjadi lebih luas dan perspektif yang dimiliki berbeda dari kebanyakan orang.

4. Alasan Orang Cerdas Suka Menyendiri karena Ambisius
Penyebab selanjutnya mengapa orang cerdas suka menyendiri karena mereka punya tipe kepribadian yang ambisius. Ini bisa mengartikan bahwa mereka ingin mencapai sesuatu lebih cepat daripada yang lainnya.

Di sisi lain, sifat ambisius ini juga berarti mereka tidak masalah jika harus bekerja lebih ekstra demi mendapatkan apa yang diinginkannya.Saat beberapa orang memilih beristirahat di hari libur, orang cerdas menganggap ini sebagai kesempatan besar untuk mendorong diri mereka lebih jauh untuk menggapai kesuksesan.


5. Lebih Menghargai ‘Kualitas’ Dibandingkan ‘Kuantitas’
Maksud dari menghargai kualitas dibandingkan kuantitas, yakni orang pintar suka menikmati waktu kebersamaan dengan individu atau kelompok yang hanya benar-benar dekat dengannya.

Mereka cenderung sulit menghabiskan waktu dengan orang yang baru dikenal. Orang cerdas tidak suka mengisi waktu dengan sembarang koneksi, mereka akan memilih berkumpul dengan beberapa koneksi yang menurutnya berkualitas.

Oleh karena itu, sering kali kita jumpai ruang lingkup hubungan orang cerdas lebih kecil. Namun, hal tersebut bukan berarti mereka memilih-milih teman.

Mereka hanya fokus untuk benar-benar mengenal sekaligus memahami seseorang, agar tidak sembarang individu bisa masuk ke dalam hidup mereka.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *