Ini 6 Cara Menghindari Overspending Alias Belanja Berlebihan Selama Ramadan

Cara menghindari overspending alias belanja berlebihan selama ramadan. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – Bulan Ramadan telah datang. Pada bulan ini, umat Islam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Bulan penuh berkah ini mengajarkan kita untuk hidup sederhana, melatih disiplin, dan mengontrol diri dari hawa nafsu. Ini termasuk mengontrol diri untuk tidak melakukan konsumsi secara berlebihan.


Dilansir dari Multiply, Selasa (11/4/2023), survei yang dilakukan Google terhadap negara-negara berpenduduk mayoritas Islam, 83 persen mengubah kebiasaan konsumsi mereka, yang mana pengeluaran makanan meningkat sampai 50-100%.

Ramadan adalah bulan pengendalian diri, tetapi kenyataannya banyak pengeluaran ekstra selama Ramadan sampai menjelang Idulfitri. Untuk menyiasati supaya pengeluaran tidak membengkak, berikut adalah beberapa kiat keuangan yang bisa lakukan supaya tidak overspending atau belanja berlebihan.

1. Membuat Rencana Pengeluaran
Banyak aktivitas yang hanya dilakukan ketika bulan puasa dan lebaran, dari mulai buka puasa bersama, mengirim hampers, berbagi amplop lebaran, dekorasi rumah dan jamuan keluarga, silaturahmi tetangga dan sanak saudara, sampai melaksanakan kewajiban membayar zakat fitrah. Ini semua merupakan pengeluaran yang tak terhindarkan dan memerlukan persiapan finansial yang matang.

Maka dari itu, supaya tidak memberatkan, buatlah rencana pengeluaran di awal. Sesuaikan juga daftar pengeluaran ini dengan kemampuan finansialmu. Jangan sampai saat lebaran nanti bukannya bersuka cita tapi kamu malah ketar-ketir dengan isi saldo di rekeningmu!


2. Tentukan Keinginan dan Kebutuhan
Selama Ramadan memang banyak sekali godaan untuk berbelanja. Ditambah lagi, pada umumnya kita mendapat THR menjelang Hari Raya. Ketika melihat barang yang menarik, ini seakan gayung bersambut.

Kita bertindak impulsif membeli hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Sama dengan situasi ketika berbuka puasa, kita gampang tergoda untuk memakan berbagai macam makanan. Sikap impulsif inilah yang menjadikan kita overspending.


3. Mencatat Setiap Pengeluaran
Mencatat setiap pengeluaran dapat membantu kita mengontrol kondisi keuangan. Kita jadi bisa melihat berapa banyak uang yang telah dikeluarkan dan berapa sisa saldo yang dimiliki. Ini juga membantu kita untuk tetap berpatokan pada rencana pengeluaran awal. Kita jadi terdorong untuk membeli hal-hal yang esensial saja.

4.Gunakan Barang-Barang yang Ada
Meskipun Idulfitri merupakan hari di mana umat Islam merayakan kemenangan, tapi tidak melulu harus merayakannya dengan membeli barang-barang baru. Manfaatkan barang-barang rumah tangga yang masih dalam kondisi baik untuk menjamu tamu, misalnya karpet atau peralatan makan. Kemudian lihat juga kembali lemarimu, jika ada pakaian dan mukena untuk salat Idulfitri yang masih layak, maka tak masalah menggunakan apa yang sudah kamu miliki.


5. Hati-Hati Peer Pressure
Dikutip dari The National, peer pressure adalah salah satu yang hal yang membuat kita melakukan overspend, contohnya kita kesulitan menolak undangan makan bersama. Overspending juga bisa disebabkan karena kita mudah tergiur dengan gaya hidup teman atau saudara. Hati-hati ya, Beauties, hiduplah dengan standarmu sendiri!

6. Bijak Sikapi Diskon
Kita bisa memanfaatkan potongan harga untuk menghemat pengeluaran. Namun terkadang, kita tergoda dengan diskon yang malah mengakibatkan pengeluaran jadi lebih besar. Untuk itu, kita harus lebih bijaksana dalam menentukan pilihan.

Saat kamu berpikir untuk membeli barang dengan potongan harga, cobalah cek kembali rencana pengeluaran yang telah dibuat sebelumnya. Jika tidak ada dalam daftar, lebih baik segera urungkan niat membelinya.

Itulah enam cara untuk menghindari pengeluaran berlebih yang bisa Beauties aplikasikan selama bulan keberkahan ini. Semoga tips tersebut bisa membantu menjaga kondisi keuanganmu tetap sehat dan Beauties dapat menjalani ibadah Ramadan dengan khusyuk.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *